Pertemuan Jokowi dengan Adul, Bocah Difabel yang Merangkak ke Sekolah

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 03 Desember 2018 - 11:47 WIB
Pertemuan Jokowi dengan Adul, Bocah Difabel yang Merangkak ke Sekolah

Presiden Joko Widodo menggendong Mukhlis Abdul Holik (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Nama Mukhlis Abdul Holik alias Adul kini mulai dikenal. Penyandang disabilitas berusia 8 tahun itu sempat viral di media sosial karena usahanya untuk berangkat ke sekolah dengan keterbatasan fisik yang dimilikinya. 

Pelajar kelas 3 SD Negeri 10 Cibadak, Kabupaten Sukabumi itu harus merangkak sejauh tiga kilometer untuk sampai ke sekolah. Adul memiliki mimpi agar dapat bersalaman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mimpi Adul terwujud saat acara Hari Disabilitas Internasional di Summarecon Mall, Kota Bekasi, Senin (3/12/2018). Jokowi mendatangi Adul yang digendong oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di sebuah tenda. Jokowi pun mengajak Adul berdialog.

Mantan Wali Kota Solo itu pun bertanya kepada Adul pukul berapa berangkat sekolah. Lalu, Adul menjawab pukul 05.30 WIB.

Selanjutnya, Jokowi bertanya tentang cita-cita Abdul. “Adul ingin jadi apa?,” tanya Jokowi.

Adul yang dipangku oleh Mensos Agus Gumiwang sambil memegang kaki palsu itu pun menjawab ingin sekolah hingga sampai jenjang kuliah.

Kemudian Jokowi melanjutkan bertanya apa cita-cita Adul. Dengan percaya diri, Adul menjawab ingin menjadi petugas pemadam kebakaran.

Saat ditanya Jokowi alasan menjadi petugas pemadam kebakaran. Abdul menjawab agar dapat menolong orang.

Jokowi pun memuji keteguhan dan semangat Adul untuk meraih cita-citanya. “ Hebat konsisten, saya lihat di televise ingin menjadi pemadam kebakaran, konsisten dia,” tutur Jokowi.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto