Petakan Banjir Jakarta, Anies Ajak Wali Kota Bogor Kunjungi Katulampa

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 12 Februari 2018 - 13:30 WIB
Petakan Banjir Jakarta, Anies Ajak Wali Kota Bogor Kunjungi Katulampa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Wali Kota Bogor Bima Arya mengunjungi bendungan Katulampa. (Foto:iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA,iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memetakan satu per satu persoalan banjir dari hulu hingga hilir. Senin (12/2/1018), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Wali Kota Bogor Bima Arya untuk menyisir persoalan banjir di hulu.

Anies mengatakan, kedatangannya di Balai Kota Bogor untuk melihat secara langsung kondisi penampungan air di bendungan Katulampa, Bogor. Hal itu dilakukan untuk memetakan potensi banjir yang menerjang Jakarta akibat air kiriman dari Bogor.

“Kami menyadari ini pertemuan pertama gubernur datang ke kantor Wali Kota Bogor, tetapi kami merasa memang sudah saatnya kita bekerja sama,” kata Anies di Bogor, Senin (12/2/2018).

Bekerja sama dengan kota-kota penyangga sangat diperlukan DKI dalam mengatasi masalah Ibu Kota. Seperti kemacetan dan banjir. Menurut Anies, dua persolan itu erat hubungannya dengan kota terdekat. “Kita tidak ada bedanya sama sekali, sama-sama punya tanggung jawab beban yang harus kita tunaikan,” ujar dia.

Sebelum sampai di bendungan Katulampa, Anies bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan Wali Kota Bogor Bima Arya mengunjungi kolam retensi di kawasan Tanah Baru, Bogor. Kolam retensi itu merupakan sungai buatan yang difungsikan untuk menahan aliran air dari pintu air Katulampa sebelum ke Jakarta. Debit air dipecah-pecah terlebih dahulu agar tidak fokus menuju Jakarta.

“Ini kolam Retensi nantinya mengalir dari sungai Ciheuleut, kemudian ke kali Ciluer, lalu ke kali Kumpa, dan nanti bermuara di Ciliwung,” kata Babinsa Tanah Baru, Sali Poerbojo.

Walikota Bogor Bima Arya menganggap, selama ini masyarakat Ibu Kota telah salah persepsi dengan kondisi bendungan air Katulampa.

“Orang Jakarta lihat Katulampa serem banget,  ada yang salah persepsi orang, Katulampa itu tidak seperti itu. Ini sejarah bagi Kota Bogor. Karena saya baru tahu sejak berdirinya Kota Bogor, baru kali ini Gubernur DKI Jakarta datang ke sini,” kata Bima Arya.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto