Plt Kepala SMP 250 Cipete Minta Maaf terkait Soal Ujian Anies Diejek Mega

Riezky Maulana · Rabu, 16 Desember 2020 - 09:15:00 WIB
Plt Kepala SMP 250 Cipete Minta Maaf terkait Soal Ujian Anies Diejek Mega
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pelaksana tugas (Plt) Kepala SMPN 250 Jakarta di Cipete Utara, Setiabudi mengakui pihaknya kecolongan dengan adanya soal ujian yang memasukkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto soal ujian sekolah berisi konten yang menyebut dua nama tokoh politik tersebut viral di media sosial.

Setiabudi menuturkan pihak sekolah kecolongan lantaran buru-buru saat meredaksi naskah ujian. Sehingga soal yang tidak diinginkan tersebut dapat lolos. 

"Sebelum melakukan kegiatan masuk tahun pelajaran ini, kami membuat tim untuk melakukan penelaahan tentang soal. Soal dibuat oleh bapak ibu guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, jadi soal tersebut sudah dilakukan dengan tim. Tetapi memang masih ada kekurangan, dieditnya tidak sepenuhnya. Jadi kami atas nama SMPN 250 mohon maaf. Jadi memang tidak diedit sepenuhnya," kata Budi saat rapat klarifikasi di Komisi E Parlemen, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2020).

Dia menjelaskan, proses penyusunan dilakukan tergesa-gesa lantaran pihaknya mengejar tenggat waktu penyusunan nilai akhir semester. Menurutnya, soal ujian akhir yang menjadi polemik itu merupakan mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI).

"Kami terburu-buru untuk waktu yang sudah ditentukan, karena tanggal 7 Desember 2020 kami melaksanakan penilaian akhir semester. Untuk mata pelajaran PAI memang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 11 Desember 2020, jadi pada waktu itu dilaksanakan memang menggunakan online. Jadi semua siswa menggunakan sistem dan tim juga melakukan dengan tergesa-gesa karena mengingat waktu yang harus sudah dilakukan," katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2