Polri Kembali Buka Layanan Pembuatan dan Perpanjangan SIM

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 20:17 WIB
Polri Kembali Buka Layanan Pembuatan dan Perpanjangan SIM

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Kepolisan Republik Indonesia (Polri) kembali membuka layanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) umum maupun internasional. Kendati demikian, layanan tetap mengikuti protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19.

Kadivhumas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pembukaan kembali layanan pembuatan SIM sesuai dengan surat telegram yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Nomor 1537 pada 29 Mei 2020.

"Bahwa Polda dan Polres mulai hari ini, Selasa, 2 Juni 2020 membuka kembali pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM," kata Argo di Bareskrim Mabes Polri, Selasa (2/6/2020).

Dia menerangkan, bagi masyarakat yang masa berlaku SIM umum dan internasional miliknya habis pada saat pandemi Covid-19 mendapat dispensasi hingga 29 Juni 2020. Mereka dapat mengurus di kantor pelayanan SIM seluruh Indonesia.

"Khusus untuk Samsat nantinya akan dilakukan kebijakan yang dikomunikasikan oleh kepolisian kepada pemerintah daerah," ucap jenderal bintang dua alumnus Akademi Kepolisian 1991 ini.

Argo menambahkan, dalam pelayanannya tersebut Polri akan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Petugas antara lain akan menyediakan sarana sabun dan hand sanitizer agar masyarakat mencuci tangan. Masyarakat dan petugas juga diharuskan menggunakan masker

"Pada saat antre memperhatikan physical distancing baik dalam posisi berdiri maupun ditempat duduk," ucap mantan kabid humas Polda Metro Jaya ini.

Editor : Zen Teguh