PSBB Kota Bogor Diperpanjang hingga 3 September

Haryudi ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:54 WIB
PSBB Kota Bogor Diperpanjang hingga 3 September

Ilustrasi PSBB. (Foto: Istimewa)

BOGOR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) mulai 4 Agustus hingga 3 September. Perpanjangan PSBB dilakukan karena pasien positif Covid-19 terus meningkat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Selasa (04/08/2020). Terlebih data terbaru, kata dia, jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif terus merangkak naik total menjadi 306 orang dengan rincian, 83 masih sakit atau positif aktif, sembuh 202 orang dan meninggal 21 orang.

"Perpanjangan masa PSBB pra AKB tertuang dalam Keputusan Wali Kota nomor 900.45-552 tahun 2020 tentang perpanjangan PSBB Pra AKB di Kota Bogor. Jadi kita perpanjang satu bulan hingga September 2020 dan mulai diterapkan hari ini,” kata Dedie.

Menurutnya, perpanjangan masa PSBB Pra-AKB ini berdasakan evaluasi dan informasi penganangan Covid-19 di Kota Bogor pada pelakasaan PSBB yang telah dilakasankan menujukan penyebaran Covis-19 secara fluktuatif dan belum ada pengurangan secara signifikan.

"Evaluasinya segera dilakukan untuk mengetahui secara angka pengurangan atau penambahannya," katanya.

Kata dia, yang berbeda dengan pra AKB sebelumnya, saat ini Pemkot Bogor tengah melakukan sosialisasi terkait denda bagi pelanggar masker. Selama sosialisasi ini, para pelanggar baru dikenakan teguran dan belum sanksi denda.

"Untuk itu, masyarakat yang berdomisili atau tinggal di Kota Bogor wajib mematuhi ketentuan PSBB sesuai dengan perundangan dan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq