PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Hingga 28 Juni Mendatang

Arif Budiwinarto ยท Senin, 15 Juni 2020 - 01:30 WIB
PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Hingga 28 Juni Mendatang

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya diperpanjang hingga 28 Juni 2020

TANGERANG, iNews.id - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tangerang Raya jilid III telah berakhir. Para kepala daerah di tiga wilayah sepakat untuk melanjutkan PSBB hingga dua minggu kedepan.

PSBB Tangerang Raya jilid III telah berakhir, Minggu (14/6/2020) kemarin. Setelah melakukan rapat evaluasi melalui telekonfrensi dengan Gubernur Banten, Wahidin Halim, dua kota serta satu kabupaten di Tangerang Raya sepakat melanjutkan PSBB mulai tanggal 15 Juni.

"Rencana kembali diterapkan selama 14 hari, berarti sampai tanggal 28 Juni," kata Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah.

Arief mengatakan PSBB di Tangerang Raya cukup efektif menekan angka penyebaran Covid-19. Dia menyebut di hari Minggu kemarin tidak ada kasus positif baru Covid-19 di Kota Tangerang.

"Hari ini tidak ada laporan kasus baru, semoga angka ini terus bertahan. Jadi PSBB ini tahap terakhir, semakin hari semakin membaik," ujarnya.

Berbeda dengan Kota Tangerang, angka penularan di Kabupaten Tangerang masih terbilang tinggi. Bupati Tangerang, Zaki Ahmed Iskandar, mengakui di wilayahnya tingkat kesadaran warga untuk melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 masih rendah.

Dia mencontohkan masih banyak warga yang tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak, serta keluar rumah tanpa keperluan mendesak.

"Masih tingginya angka penularan, masih diatas 1.2. Namun, dilihat dari pasien positif Covid, ODP, ataupun PDP, menunjukkan angka yang cenderung menurun," ucap Zaki.

Editor : Arif Budiwinarto