Ratusan Penumpang Kereta Antre Tukar Tiket di Stasiun Gambir

Sofyan Firdaus ยท Jumat, 01 Juni 2018 - 15:47 WIB
Ratusan Penumpang Kereta Antre Tukar Tiket di Stasiun Gambir

Penumpang antre tukar tiket di Stasiun Gambir. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Ratusan calon penumpang kereta api menukarkan tiket di loket Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018). Mereka hendak merubah jadwal keberangkatan setelah ada penambahan cuti bersama Idul Fitri yang ditetapkan pemerintah.

Antrean penumpang di depan loket tampak mengular sejak Jumat pagi. Mereka duduk lesehan sambil menunggu nomor urut antrean.

Seorang calon penumpang Aidah mengatakan, sudah membeli tiket mudik Lebaran sejak tiga bulan lalu. Awalnya, Aidah membeli untuk jadwal keberangkatan H-2 Lebaran. Namun karena ada penambahan cuti bersama ditetapkan pemerintah selama sepuluh hari, Aidah merubah jadwal keberangkatan menjadi H-4.

“Karena libur maju maka dibatalin. Saya ingin pulang duluan biar lebih lama bertemu keluarga. Soalnya selisihnya empat hari, lumayan pulang duluan,” kata Aidah di Stasiun Gambir, Jumat (1/6/2018).

Kepala Daops 1 PT KAI Wilayah Jakarta Dadan Rudiyansyah mengatakan, PT KAI memang mengakomodir masyarakat yang hendak menukarkan jadwal tiket. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada puncak arus mudik, PT KAI Daerah Operasi Jakarta telah menyiapkan 57 kereta regular dan 16 kereta tambahan.

Insyaallah kami siap, baik dari segi sarana dan prasarana kita siap. Lonjakan sudah mulai kemarin dan kami perkirakan puncaknya 13 Juni,” kata Dadan.

Selain itu, PT KAI juga menambah gerbong tambahan dalam rangkaian dan rute keberangkatan selama musim mudik Lebaran. Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan berjumlah 13.000 untuk penumpang dari Stasiun Gambir dan 17.000 dari Staisun Senen.

“Untuk tiket yang sudah terjual sampai hari ini sudah mencapai 570.000 tiket keberangkatan,” kata Dadan.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto