Rencana Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritisi, Begini Jawaban BRIN 

Putra Ramadhani Astyawan · Selasa, 28 September 2021 - 23:00:00 WIB
Rencana Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritisi, Begini Jawaban BRIN 
Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Direktur Pengelolaan Koleksi Ilmiah Kedeputian Infrastruktur Riset BRIN Hendro Wicaksono. (Foto MNC Portal).

BOGOR, iNews.id - Direktur Pengelolaan Koleksi Ilmiah Kedeputian Infrastruktur Riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Hendro Wicaksono mengaku akan melakukan kajian lagi terkait rencana dibukanya atraksi malam atau lampu bernama GLOW di Kebun Raya Bogor. Ditegaskannya, BRIN tetap menjaga marwah konservasi Kebun Raya Bogor.

"Itu perlu dikaji lagi sesuai arahan Pak Wali Kota. Kita kaji lagi pengaruh-pengaruhnya, karena belum pernah dibuka. Jadi kita belum tau, ini akan mengkaji. Sementara untuk hal-hal konservasi itu dijaga bahwa sesuai peraturan LIPI Nomor 4 Tahun 2019 bahwa lahan hijau itu harus 80 persen, konstruksi 20 persen saja. Itu yang akan kita jaga terus," kata Hendro, di teras Balai Kota Bogor, Selasa (28/9/2021).

Hendro menambahkan, sebenarnya sudah melakukan kajian secara internal terhadap rencana wisata malam itu. Misalnya terkait penggunaan lampu.

"Kajian dampaknya misal gak boleh pakai lampu panas, makanya mereka pakai lampu LED. Sekarang karena ada pertanyaan dari masyarakat, yaudah dikaji (lagi). Untuk proposal pasti ada, itu baru animasi. Jadi dampaknya nanti akan kita kaji. Pak Wali Kota juga bilang akan dikaji dampak nokturnalnya, serangga-serangga sekitarnya seperti apa," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: