Ribuan Ikan di Sungai Cisadane Mati, Diduga Tercemar Limbah Sampah

Sukron ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 13:05:00 WIB
Ribuan Ikan di Sungai Cisadane Mati, Diduga Tercemar Limbah Sampah
Warga menjaring ikan yang mengambang di permukaan air sungai Cisadane (Foto: iNews)

TANGERANG, iNews.id – Ribuan ekor ikan di Sungai Cisadane mendadak mengambang dan mati, Selasa (8/1/2019) siang. Diduga akibat pencemaran dari limbah sampah yang terbawa air sungai.

Dari pantauan iNews, puluhan warga berduyun-duyun memanfaatkan peristiwa itu untuk menjaring ikan yang mengambang di permukaan air. Beberapa warga juga ke tengah sungai dengan perahu untuk membersihkan sampah.

Warga Babakan Alamsyah mengatakan, peristiwa ini kerap terjadi jika musim hujan. Dia menduga ribuan ikan mati lantaran tercemar limbah sampah yang terbawa dari Bogor.

“Ikan lagi mabuk, banyak juga yang mati. Biasa saat ada air kiriman dari Bogor, kiriman sama limbah juga,” kata Alamsyah di Bantaran Sungai Cisadane Babakan, Tangerang, Selasa (8/1/2019).

Seorang warga lain, Nunik mengatakan, fenomena ikan mabuk dan mati tersebut cukup menguntungkan warga sekitar. Namun, dia juga berharap, pemerintah bisa bersikap apabila kejadian tersebut dikarenakan pencemaran limbah.

Nunik khawatir pencemaran limbah di Sungai Cisadane merusak ekosistem dan kualitas air sungai yang setiap hari dimanfaatkan warga sekitar bantaran.

“Kami khawatir nanti rusak ekosistemnya, enggak ada ikannya lagi, air juga jelek,” ucap Nunik.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto