Sah! Prasetyo hingga Anak Zulkifli Hasan Jadi Pimpinan DPRD DKI

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 19:07 WIB
Sah! Prasetyo hingga Anak Zulkifli Hasan Jadi Pimpinan DPRD DKI

Pelantikan pimpinan DPRD DKI Jakarta 2019-2024, Senin (14/10/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Lima pimpinan DPRD DKI periode 2019-2024 telah diambil sumpah jabatan pada hari ini di ruang rapat paripurna, gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Prosesi paripurna pengambilan sumpah jabatan itu dipimpin oleh Ketua sementara DPRD DKI, Pantas Nainggolan.

Adapun kelima pimpinan defenitif yang baru saja dilantik itu adalah Prasetyo Edi Marsudi dari fraksi PDIP yang dipilih kembali sebagai ketua DPRD DKI; M Taufik dari Fraksi Gerindra; Abdurahman Suhaimi dari PKS; Misan Samsuri dari Partai Demokrat, dan; Zita Anjani dari fraksi PAN. Empat nama terakhir dilantik sebagai wakil ketua DPRD DKI.

Kelima nama beserta jabatan yang diberikan itu, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri Nomor 161.31/5344 Tanggal 8 Oktober 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta. Surat itu dibacakan sebelum pelantikan dimulai siang tadi.

“Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua dan wakil ketua DPRD DKI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan undang-undang dasar 1945,” ujar Plt Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Syahrial Sidik, diikuti oleh kelima pimpinan DPRD definitif.

Usai mengucapkan sumpah jabatan, kelima pimpinan DPRD DKI kemudian menandatangani berita acara. Kemudian dilanjutkan penyerahan palu rapat pimpinan dewan dari Ketua sementara DPRD, Pantas Nainggolan, dan Wakil Ketua sementara Syarif kepada lima pimpinan baru.

Setelah penyerahan palu kepemimpinan, kelima pimpinan baru itu langsung mengambil alih kelanjutan rapat paripurna menggantikan Pantas Nainggolan yang sebelumnya membuka rapat istimewa tersebut.

“Pimpinan rapat saya terima,” kata Prasetyo sambil mengetok palu disambut tepuk tangan dari hadirin.

Gubernur Anies Baswedan yang hadir pada proses pengambilan sumpah jabatan hari ini mengucapakan selamat kepada para pimpinan DPRD baru. Ucapan selamat itu disampaikan Anies dalam pembukaan pidatonya pada rapat paripurna tersebut.

“Saya mengucapakan selamat kepada saudara - saudara yang baru dilantik. Semoga amanat warga Jakarta dapat diemban dengan sebaik-baiknya,” kata Anies.


Editor : Ahmad Islamy Jamil