SE Tanggap Darurat Bencana, Sekolah di Bogor Pulangkan Siswa Lebih Awal jika Cuaca Ekstrem

Putra Ramadhani ยท Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:32:00 WIB
SE Tanggap Darurat Bencana, Sekolah di Bogor Pulangkan Siswa Lebih Awal jika Cuaca Ekstrem
Ilustrasi sekolah bisa pulangkan siswa lebih cepat jika terjadi cuaca ekstrem. (Foto: Ilustrasi/Ist)

BOGOR, iNews.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mengeluarkan Surat Edaran terkait tanggap darurat bencana di lingkungan sekolah. Dalam surat tersebut berisikan sekolah dapat memulangkan siswanya lebih awal apabila kondisi cuaca sedang ekstrem.

"Kita membuat surat tanggal 17 Oktober, tapi sebelum surat kita keluarkan kita juga sudah mengimbau secara info melalui Whatsall grup menghadapi kondisi ekstrem maka dimungkinkan anak-anak bisa pulang lebih cepat yang bila mana menghadapi kondisi ekstrem," kata Kepala Disdik Kota Bogor Hanafi kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Pemulangan lebih awal siswa itu bisa dengan mengurangi durasi jam pelajaran. Tetapi, apabila kondisi cuaca dirasa bagus maka berjalan normal.

"Memungkinkan pulang lebih cepat, pulang lebih cepat berapa? Kalau satu jam pelajaran 40 menit bisa dikurangi 10 menit. Tapi kalau kondisi (cuaca) bagus jangan dipulangkan lebih cepat," ucapnya.

Hal itu mempertimbangkan keselamatan siswa ketika pulang sekolah. Dikhawatirkan terjadi bencana dalam perjalanan pulang siswa ketika cuaca ekstrem.

"Kan cuaca ekstrem bisa dirasakan oleh warga yang diperlu dipikirkan anak pulang sekolah ke rumah kan perlu waktu pejalanan kalau sudah melihat kondisi ekstrem yang kenapa tidak dimungkinkan pulang lebih cepat gitu tapi tidak mengurangi subtansi yang disampaikan kepada anak," ucapnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda