Setelah Kota Bogor, Depok dan Bekasi Kini Berstatus Zona Merah Covid-19

Sindonews · Jumat, 04 September 2020 - 14:46:00 WIB
Setelah Kota Bogor, Depok dan Bekasi Kini Berstatus Zona Merah Covid-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau kegiatan rapid test di PT Suzuki Indomobil di Kawasan Industri Greendland International Industrial Center (GIIC), Bekasi, Jumat (4/9/2020). (Foto: SINDOnews)

BEKASI, iNews.id - Pemprov Jawa Barat menyatakan Kota Bogor sebagai satu-satunya zona merah covid-19. Namun kini Kota Bogor tak sendirian karena Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi menyusul jadi zona merah covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam kunjungan ke PT Suzuki Indomobil di Kawasan Industri Greendland International Industrial Center (GIIC) Blok AC, No.1 Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jumat (4/9/2020). Dia mengatakan penyebaran covid-19 di empat wilayah itu sudah sangat mengkhawatirkan.

"Daerah Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) statusnya zona merah, kecuali Kabupaten Bogor yang tidak masuk zona merah,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Menurutnya Gugus Tugas Jawa Barat saat ini fokus menangani penyebaran covid-19 di empat wilayah tersebut. Dia mengatakan kemungkinan besar perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Bodebek dilanjutkan hingga Oktober 2020 mendatang.

Kang Emil memastikan penyebaran covid-19 di wilayah Jawa Barat secara keseluruhan masih terkendali. Dia menyebut daerah dengan risiko penyebaran rendah dan sedang lebih banyak daripada risiko tinggi.

”Wilayah Jawa Barat hampir 80 persen zona rendah dan sedang, artinya saya boleh mengklaim relatif terkendali,” ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama