Sidak Dua Pasar, Pemkot Bogor Temukan Penjual Telur Berisi Embrio Anak Ayam

Antara ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 13:26 WIB
Sidak Dua Pasar, Pemkot Bogor Temukan Penjual Telur Berisi Embrio Anak Ayam

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menemukan penjualan telur berisi embrio anak ayamdi Pasar Bogor dan Pasar Anyar. (Foto: Antara).

BOGOR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bogor dan Pasar Anyar, Minggu (17/5/2020) dini hari. Pada kesempatan itu Tim Satgas Pangan Pemkot Bogor menemukan pedagang yang menjual telur pecah dan telur yang berisi embrio anak ayam atau Hatched Egg (HE).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkot Bogor Anas Rasmana mengatakan, sidak untuk menjamin ketersediaan pangan, keamanan pangan, sekaligus kehalalan pangan di Kota Bogor menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Telur HE ini seharusnya tidak boleh diperdagangkan," ujar Anas di Bogor, Minggu (17/5/2020).

Menurutnya, telur HE itu bisa berasal dari pembibitan ayam broiler. Selanjutnya, kata dia, tim akan mendalami temuan tersebut sekaligus mencari pemasok telur HE itu untuk diberikan sanksi.

"Telur HE itu bisa berasal dari telur fertil tapi tidak ditetaskan. Telur seperti ini seharusnya tidak dijual untuk telur konsumsi di pasar," ucapnya.

Sidak melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kesehatan (Dinkes) di dampingi personel Polresta Bogor.

Editor : Kurnia Illahi