SPBU di Bogor Ini Gratiskan Fasilitas Toilet

Putra Ramadhani Astyawan ยท Selasa, 23 November 2021 - 21:19:00 WIB
SPBU di Bogor Ini Gratiskan Fasilitas Toilet
Toilet gratis di Bogor sudah lama berlaku (Foto : Putra Ramadhani)

BOGOR, iNews.id - Baru-baru ini Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina tengah menjadi sorotan terkait adanya pungutan fasilitas toilet. Hal itu mulai ramai usai sidak yang dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir di wilayah Probolinggo, Jawa Timur.

Namun, tidak semua SPBU yang memungut biaya dari fasilitas umum tersebut. Salah satunya SPBU 31.161.13 di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Di tempat ini, fasilitas toilet tidak dipungut biaya seperse pun. Bahkan, terlihat petugas SPBU juga sudah memasang kertas bertuliskan 'Toilet Gratis' di depan akses masuk dan dalam toilet tersebut.

Meskti tak dipungut biaya, toilet di SPBU ini nampak bersih. Tidak terlihat adanya sampah berserakan ataupun bau tidak sedap karena sudah terdapat cleaning service yang membersikan secara rutin.

"Kalau untuk pembersihan sendiri kita punya cleaning service di SPBU yang tugasnya itu (membersihkan toilet). Setiap 30 menit sekali kita selalu cek toilet," kata pengawas SPBU 31.161.13 Aip Syahrudin, kepada MNC Portal di lokasi, Selasa (23/11/2021).

Aip mengaku setuju dengan pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir agar fasilitas umum seperti toilet di SPBU digratiskan. Toilet merupakan bagian dari fasilitas umum yang diberikan oleh SPBU.

"Kalai misalnya ada konsumen ngasih (ke cleaning service) itu hak dia, tapi dari kita tidak ada pungutan sama sekali karena itu fasilitas umum," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pengguna toilet Dedi mengaku setuju dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta toilet di seluruh SPBU tidak dipungut biaya. Sejauh ini, dirinya pun menilai fasilitas toilet di SPBU 31.161.13 sudah cukup baik dan bersih.

"Setuju, karena ini fasilitas SPBU harusnya gratis. Toilet di sini sudah memadai sesuai SOP," ucap Dedi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda