Tabung Gas 3 Kilogram Meledak, Satu Orang Terluka

Rio Manik ยท Rabu, 20 Desember 2017 - 00:53 WIB
Tabung Gas 3 Kilogram Meledak, Satu Orang Terluka

Kios di Apartemen Casablanca East Residence, Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta Timur, yang rusak akibat ledakan tabung gas, Selasa (19/12/2017) malam. (Foto: iNews/Rio Manik)

JAKARTA, iNews.id - Tabung gas berukuran tiga kilogram yang berada di sebuah kios di Apartemen Casablanca East Residence, Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta Timur, meledak, Selasa (19/12/2017) malam. Satu orang terluka akibat peristiwa tersebut.

Korban luka yang diketahui adalah sang pemilik kios, langsung dilarikan ke Rumah Sakit Premiere Jatinegara. Korban mengalami luka serius lantaran terkena serpihan dari ledakan tabung.

Kondisi kios rusak parah. Dinding dan rolling door hancur berantakan. Kaca-kaca pintu depan kios pecah berserakan. Sementara barang-barang dagangan kios berserakan terkena efek ledakan.

Sejumlah kios yang berada di sebelah kios yang meladak itu juga dilaporkan mengalami kerusakan. Bagian pintunya ringsek akibat ledakan. Beberapa mobil yang diparkir di depan kios juga rusak terkena serpihan ledakan tabung.

Ketua RT setempat, Barle mengatakan, ledakan terdengar sekitar pukul 18.45 WIB. Barle yang mendengar suara ledakan lantas dating ke lokasi bersama beberapa warga. Pemilik kios yang berada di lokasi kejadian ditemukan dalam kondisi terluka.

“Korban sepertinya tidak terluka serius. Karena bajunya pun tadi masih utuh. Hanya ada beberapa bagian seperti kaki dan tangan yang terluka seperti lecet-lecet begitu. Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Premiere Jatinegara,” ucap Barle.

Barle mengatakan dirinya tidak mengetahui secara detil mengenai kejadian tersebut. “Yang tau mengenai detil dan penyebab sampai tabung gas itu meledak ya pemilik kios yang kebetulan berada di lokasi,” ujarnya.

Barle berujar, pihaknya sempat memperingatkan korban untuk tidak menjadikan kios tersebut sebagai tempat penyimpanan tabung gas, terutama tabung gas tiga kilogram. Apalagi lokasi kios berada dekat dengan permukiman. Namun pemilik kios masih ngotot untuk tetap menyimpan tabung gas di dalam kiosnya.

“Pemilik kios bilang pada saat itu sedang mencari tempat untuk memindahkan tabung gasnya. Tapi berulang-ulang sudah kita ingatkan. Tidak boleh terlalu lama menyimpan tabung, karena peruntukannya memang bukan buat gudang,” lanjut Barle.

Pihak kepolisian dari Polsek Duren Sawit yang datang ke lokasi kejadian kemudian memasang garis polisi untuk mengamankan lokasi. Polisi kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk memastikan penyebab terjadinya ledakan. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari kepolisian mengenai penyebab ledakan tabung gas tersebut.

Editor : Himas Puspito Putra