Tahun Baru Imlek, Ratusan Warga Pemburu Angpau Padati Klenteng Petak Sembilan

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 25 Januari 2020 - 13:58:00 WIB
Tahun Baru Imlek, Ratusan Warga Pemburu Angpau Padati Klenteng Petak Sembilan
Ratusan warga memadati Wihara Dharma Bhakti yang berada di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, untuk berburu angpau Sabtu (25/1/2020). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang berlangsung di Wihara Dharma Bhakti yang berada di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (25/1/2020) disambut antusias masyarakat Tionghoa. Ternyata gairah yang sama juga terlihat pada warga sekitar.

Para pemburu angpau tersebut terlihat berbaris rapih di depan wihara bersejarah ini. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terlihat mengatur para pemburu angpau tersebut.

BACA JUGA:

Tahun Baru Imlek, Polri Fokus Amankan Lima Provinsi Ini

Tahun Baru Imlek 2020, 6.000 Warga Tionghoa Padati Wihara Dharma Bakti Petak Sembilan

Kunjungi Wihara Dharma Bhakti, Anies: Tahun Ini Pemprov DKI Mulai Kegiatan Jakarta Imlekan

Humas Wihara Dharma Bhakti Lucas Tjang merasa tak terganggung dengan kehadiran ratusan warga yang mengharapkan angpau. Menurut dia, perayaan imlek identik dengan berbagi rezeki antarsesama.

"Itu karena imlek kan identik dengan pembagian angpau rezeki jadi dilaksanakan setiap tahun baru imlek. Setiap tahun memang rutin," katanya.

Ahdori (40), satpam Wihara Dharma Bhakti mengatakan, beberapa para pemburu angpau sudah ada sejak, Jumat, 24 Januari 2020 malam. "Semalam sudah pada dateng. Cuma baru ramai pagi tadi sampai siang," ujarnya.

Ahdori, Satpam Wihara Dharma Bhakti yang berada di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (25/1/2020). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)
Ahdori, Satpam Wihara Dharma Bhakti yang berada di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (25/1/2020). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

Dia mengungkapkan, para pemburu angpau hanya ramai pada saat Tahun Baru Imlek digelar yakni hari ini. "Besok juga sudah engga ada," katanya.

Kapolsek Metro Taman Sari, AKBP Abdul Ghafur mengatakan, sebanyak 100 personel gabungan TNI-Polri bersiaga mengamankan Tahun Baru Imlek 2571 di Wihara Dharma Bakti. "Personel pengamanan kurang lebih 100 orang dari Polri-TNI," katanya.

Ghafur mengatakan, personel pengamanan di Wihara Dharma Bakti terdiri dari Polsek Taman Sari, Polres Metro Jakarta Barat, Mabes TNI, Kodim 0503/Jakarta Barat, Brimob, serta diperkuat Satpol PP. Mereka bersiaga di lokasi sejak kemarin hingga esok. "Kami berjaga sampai besok," ujarnya.

Selain di Wihara Dharma Bakti, petugas juga berjaga di sejumlah wihara lainnya. Ghafur mengatakan jumlah wihara di Taman Sari sekitar 13. "Ada 13 wihara. Personel pengamanan sekitar 200 kita sebar ke yang lain, kita tetap jaga," katanya.

Editor : Djibril Muhammad

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda