Tak Miliki SIKM, 12 Pekerja dari Luar Jakarta Diisolasi

Antara ยท Minggu, 07 Juni 2020 - 08:41:00 WIB
Tak Miliki SIKM, 12 Pekerja dari Luar Jakarta Diisolasi
Petugas dari Kelurahan Kalianyar memasang tanda pengawasan di lokasi para pekerja konfeksi yang berasal dari luar Jakarta. (Foto: Antara/Dok. Kelurahan Kalianyar).

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 12 pekerja konfeksi yang berasal dari berbagai wilayah di luar Jakarta, diisolasi mandiri karena tidak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta. Mereka merupakan pekerja konfeksi di kawasan Kelurahan Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat.

Lurah Kalianyar Daniel Azka Alfarobi mengatakan, 12 pekerja konfeksi itu berasal dari daerah berbeda-beda. Di antaranya, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Mereka didapati tidak memiliki SIKM maka kami minta agar isolasi mandiri," ujar Daniel di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Dia menuturkan, sejak Rabu (3/6/2020) gencar menyisir pendatang dari luar Jakarta, terutama bagi pendatang yang masuk ke wilayahnya untuk bekerja. Penyisiran para pendatang tersebut bertujuan untuk menekan angka penularan virus corona (Covid-19).

Menurutnya, koordinasi dengan Puskesmas Tambora dilakukan untuk mendata dan memantau kesehatan belasan pekerja konfeksi. Mereka akan menjalani tes cepat atau tes usap.

Selama isolasi mandiri, kata dia para pekerja itu tidak mendapatkan bantuan pangan seperti sembako atau makanan siap saji. "Mereka melakukan pembiayaan mandiri. Untuk pegawai konveksi yang membiayai kebutuhan hidup mereka pemilik konfeksi," katanya.

Editor : Kurnia Illahi