Tangerang Perpanjang PSBB, Wali Kota Tak Mau Kasus Positif Covid-19 Bertambah

Isty Maulidya ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 02:07 WIB
Tangerang Perpanjang PSBB, Wali Kota Tak Mau Kasus Positif Covid-19 Bertambah

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau penerapan protokol kesehatan. (Foto: Antara)

TANGERANG, iNews.id – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Tangerang Raya kembali diperpanjang selama dua minggu ke depan atau hingga 9 Agustus 2020. Keputusan perpanjangan PSBB ini berdasarkan hasil rapat evaluasi Provinsi Banten yang digelar secara virtual melalui video conference yang diikuti Forkopimda Se-Banten serta kepala daerah Tangerang Raya.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang sudah mulai terkendali. Angka kesembuhan pasien Covid-19 juga semakin meningkat. Namun, apabila PSBB ditiadakan, khawatir masyarakat merasa bebas beraktivitas dan mengabaikan protokol kesehatan yang dapat meningkatkan penyebaran Covid-19.

"Jika lihat datanya sudah cukup terkendali, cuma khawatir nanti naik lagi. Walaupun saat ini memang tingkat kesembuhannya tinggi," ujar Arief saat dihubungi pada Sabtu (25/07/2020).

Arief juga meyakini, pada perpanjangan PSBB ini, penyebaran Covid-19 akan terkendali. Hal itu bisa dibuktikan dengan perkembangan rasio jumlah kasus (positivity rate) di Kota Tangerang sudah mencapai angka 0,1 persen pada minggu ke 20 diberlakukannya PSBB.

"Di minggu ke-20 itu, hanya 2 orang yang terdata positif Covid-19, dengan jumlah orang yang sudah di PCR sebanyak 2.535," tutur Arief.

Pada PSBB kali ini, Arief berharap berharap tingkat kedisiplinan masyarakat meningkat. Masyarakat diminta tidak mengabaikan protokol kesehatan yang berlaku, terutama yang bekerja di dalam ruangan seperti perkantoran.

"Pakai masker, jangan dilepas maskernya. Rajin cuci tangan dan tetap jaga jarak," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk