Tangkap Provokator Kerusuhan Antar Ormas di Bogor, Polisi Sita Sajam dan Bom Molotov

Putra Ramadhani Astyawan ยท Sabtu, 27 Maret 2021 - 15:28:00 WIB
Tangkap Provokator Kerusuhan Antar Ormas di Bogor, Polisi Sita Sajam dan Bom Molotov
Polresta Bogor menangkap provokator kerusuhan antar ormas. (Foto: MNC Media/Putra Ramadhani)

BOGOR, iNews.id - Polresta Bogor, Jawa Barat menangkap enam anggota organisasi masyarakat (ormas) yang melakukan penyerangan terhadap kelompok lain di Kecamatan Tanah Sareal. Polisi juga mengamankan senjata tajam (sajam) dan bom molotov dari saat menangkap keenamnya.

Kapolresta Bogor, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan keenam anggota ormas tersebut berinisial SP, TS, MR, SR, OI, dan HH. Dua orang di antaranya merupakan provokator kerusuhan dengan ormas lain.

"Kami telah menangkap sebanyak enam orang, empat merupakan pelaku kerusuhan terhadap ormas lain dengan barang bukti berupa senjata tajam. Yang berikutnya dua orang pelaku lainnya inisial OI dan HH ini kami kategorikan sebagai provokator," kata Susatyo di Bogor, Sabtu (27/3/2021).

Susatyo menjelaskan penangkapan berhasil dilakukan setelah polisi memeriksa video viral aksi sweeping dari salah satu ormas di wilayah Kota Bogor pada Rabu (24/3/2021). Mereka diketahui telah membuat keonaran dengan melakukan perusakan posko ormas lainnya.

"Para pelaku ini membakar atribut dan menyerang ormas lain. Kami berusaha menelurusi jejak digitalnya (rekaman video) ternyata otak dari kejadian pada hari Rabu itu adalah oleh HH," ujar Susatyo.

Setelah diperiksa, alasan ormas tersebut melakukan penyerangan karena mendapat informasi kelompoknya telah diserang oleh ormas lain di wilayah Bandung. Lalu, HH dan OI sebagai provokator mengumpulkan teman-temannya untuk sweeping dan penyerangan.

"Jadi OI dan HH ini kami kategorikan sebagai provokator yang menurut teman-temannya untuk bereaksi atas kejadian yang terjadi di wilayah Bandung. Tersangka ditangkap di tempat yang sama di poskonya di Kayumanis, Kota Bogor," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: