Terekam CCTV, Ini yang Dilakukan Tukang Bakso di Jakbar Sebelum Ludahi Mangkok

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 10:40 WIB
Terekam CCTV, Ini yang Dilakukan Tukang Bakso di Jakbar Sebelum Ludahi Mangkok

Tukang bakso ludahi mangkok pelanggan di Jakarta Barat, Rabu (24/6/2020) (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap Windra Suherman (21), tukang bakso yang tertangkap CCTV meludahi bakso pelanggannya. Pelaku mengaku melakukan amalan agar dagangannya laku.

Pelaku berasal dari Garut, Jawa Barat dan tinggal di Kembangan, Jakarta Barat. Dia sehari-hari berkeliling dari sekolah di Meruya sampai Kompleks Kehutanan Greenville.

"Pelaku membenarkan bahwa dirinya adalah penjual bakso yang meludahi mangkok bakso pesanan pembeli yang terekam CCTV pada hari Senin tanggal 22 Juni 2020 sekitar jam 17.53 wib di Komplek Unilever Meruya Selatan," kata Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (26/6/2020).

Kepada polisi, Windra mengatakan membaca doa-doa yang didapatkan dari seorang guru di Garut. Dia melakukan hal tersebut agar dagagannya laris.

"Pada saat pelaku sedang berjualan bakso dan sedang menyajikan bakso untuk pesanan untuk pelanggan yang pertama pelaku setelah memasukan bumbu untuk bakso yang disajikan kemudian pelaku meludahi mangkok bakso tersebut lalu mengucapkan Bismillahirrohamnirrohim La haula Wala Quwwata Illahi Aliyyil Adzin selanjutkan menuangkan kuah dan bakso kedalam mangkok sesuai dengan pesanan," kata Irawan.

Usai membaca doa, pelaku meludahi mangkok pelanggan. Tujuannya agar dagangan laris karena baru saja kemali satu minggu dari kampung halaman.

"Amalan tersebut di laksanakan pada saat pertama kali jualan setelah kembali dari kampung. Adapun tujuan pelaku untuk mendapatkan penglaris atau laku saat berjualan bakso," kata Irawan.

Aksi pelaku terekam kamera CCTV pelanggar di Meruya Utara, Jakarta Barat, Senin (22/6/2020). Video tersebut tersebar dan viral di media sosial.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq