Tito Sebut Jakarta seperti Kampung, Anies: Perekonomian China Lompat 100 Kali Lebih Besar

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 26 November 2019 - 15:02 WIB
Tito Sebut Jakarta seperti Kampung, Anies: Perekonomian China Lompat 100 Kali Lebih Besar

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merespons pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang membandingkan Jakarta dengan Beijing dan Sanghai. Tito menyebut Jakarta seperti kampung dibandingkan dengan Beijing dan Sanghai.

Anies mengatakan, China memiliki lompatan tinggi dalam dua dekade terakhir. Bukan hanya dengan Jakarta, kata dia Beijing juga masih unggul jika dibandingkan dengan kota di negara lain.

"Objektif saja dalam beberapa dekade, perekonomian Tiongkok (China) yang asalnya kecil, lompat sampai 100 kali lebih besar. Jadi melampauinya bukan hanya kasus Jakarta dan Shanghai. Tapi juga bagaimana Tiongkok dibandingkan dengan seluruh dunia. Lompatan 100 kali perekonomian itu dahsyat," ujar Anies di Jakarta, Selasa (26/11/2019)

Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang mendorong perkembangan transportasi publik. Mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga infrastrukturnya, sehingga warga beralih dari pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum.

BACA JUGA:

Di Hadapan Anies, Tito Sebut Jakarta Seperti Kampung Dibandingkan Beijing

Janjian di TPU Prumpung dengan Perempuan Kenal di Facebook, Warga Pisangan Ditusuk 3 Pria

Dia mengungkapkan, 2017 jumlah penumpang kendaraan umum di Jakarta hanya 338.000. Dalam dua tahun, jumlahnya meningkat menjadi hampir 700.000.

Capaian tersebut, kata dia berkat transformasi serius di bidang integrasi transportasi. "Pelajaran penting kita ambil dari pesan yang disampaikan Pak Mendagri tadi adalah tentang transformasi negara. Lebih dari soal kata Kampung. Transformasi negara terjadi, dikerjakan dengan konsisten selama beberapa dekade dan sekarang mereka merasakan buahnya," katanya.


Editor : Kurnia Illahi