Transjakarta Kaji Pengembangan Trem di Koridor 1

Antara ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 03:09 WIB
Transjakarta Kaji Pengembangan Trem di Koridor 1

Ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin di Jakarta. (Foto: Dok SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) ingin membangun alat tranportasi baru berupa trem di Koridor I Transjakarta yang menghubungkan Blok M dan Kota. Trem tersebut masih dalam tahap kajian.

Direktur Utama Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menjelaskan, adanya trem menjadi simbol kemajuan Ibu Kota Jakarta.
Dia pun berencana akan mengkaji secara matang dahulu seperti apa yang diusulkan Komisi B.

"Walau ini masih sebatas ide, trem ini bisa menjadikan transportasi Ibu Kota jadi lebih baik. Nah dari ide ini, nanti ada kajian, ada pembahasan, ada perhitungan, sampai akhirnya kalau disepakati bersama ya kita eksekusi," kata Jhony, Jumat (12/6/2020).

Ide pembuatan trem seperti negara luar, lanjut Jhony, berlandaskan dari arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk selalu melakukan inovasi, efisien dan pelayaan masyarakat secara prima."Yang pasti kami ingin membantu menyukseskan visi Pemprov DKI dan menuntaskan misi Gubernur. Nah, kalau pakai trem, Jakarta makin cakep," ucap Jhony.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz mengaku mendukung dan akan mendorong agar ide tersebut bisa terwujud.

"Selama itu bisa mengefisiensikan pengeluaran-pengeluaran dan sesuai kebutuhan masyarakat, kami setuju saja. Namun kami juga harus meminta ini dikaji lagi," kata Aziz saat dihubungi.

Meskipun begitu, Aziz meminta agar ide tersebut dikaji ulang dengan matang. "Dengan adanya investasi ulang, itu butuh ada kajiannya seperti apa terutama soal efisiensi antara trem dengan kendaraan yang sekarang. Jangan sampai untuk investasi saat ini belum ada hasil, malah sudah ada yang baru, jadi harus dikaji, nanti kita review lagi sama-sama dengan ide ini," kata Aziz.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq