Urai Kepadatan di Stasiun Manggarai, KAI Commuter Pakai Peron Kereta Bandara

Muhammad Refi Sandi ยท Senin, 30 Mei 2022 - 10:55:00 WIB
Urai Kepadatan di Stasiun Manggarai, KAI Commuter Pakai Peron Kereta Bandara
Situasi Petugas di Stasiun Manggarai (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - PT KAI Commuter menggunakan peron kereta bandara di Stasiun Manggarai untuk mengurai kepadatan penumpang. Kepadatan terjadi karena adanya perubahan rute atau switch over.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pihaknya mengaktifkan peron 9 yang sebelumnya digunakan kereta bandara untuk transit penumpang dari arah Cikarang-Bekasi. Sedangkan peron 6-7 untuk transit ke arah Stasiun Tanah Abang, Duri, hingga Kampung Bandan.

"Jadi setelah adanya switch over Manggarai yang ke-5 kita melihat bahwa dari hari pertama kita evaluasi, di hari kedua membaik dan kekhawatiran kita bersama perjalanan KRL di hari pertama kerja setelah switch over ini Alhamdulillah, Puji Tuhan bisa berjalan dengan sangat baik," ucap Anne kepada wartawan di Stasiun Manggarai, Senin (30/5/2022).

Anne memaparkan peron kereta bandara akan digunakan di luar jadwal kereta bandara sehingga tidak akan mengganggu. Penumpang yang menuju Cikarang dan Bekasi bisa menggunakan peron tersebut.

"Peron 9 yang awalnya ini hanya digunakan kereta bandara, tetapi kami memaksimalkan peron ini di jam-jam di luar jadwal kereta bandara sehingga kepadatan di peron 6-7 yang awalnya tempat transit tujuan Bekasi, Cikarang, Tanah Abang, Angke, Duri ini bisa kita pisah, sehingga di peron 9 khusus tujuan Cikarang dan Bekasi dan 6-7 digunakan untuk transit Duri, Tanah Abang, Sudirman dan Kampung Bandan dan ini sangat berpengaruh didalam menyebar kepadatan di area transit," tutur dia.

Selain itu, Anne mengatakan pihaknya menyiapkan 6 feeder atau kereta tambahan guna mengurai kepadatan pengguna KRL Jabodetabek. Dengan begitu kepadatan akan segerai terurai.

"Pagi ini kita menyiapkan 6 feeder yang kami jalankan mulai pukul 6.30, 7.30 dan kami siapkan ini sekarang ada di 8.00, pukul 18.15 dan kami akan sesuaikan lagi kepadatan Stasiun ini sehingga kereta luar biasa ini bisa membantu untuk mengangkut penumpang yang transit sehingga lebih cepat terurai kepadatannya," ujar Anne.

Anne mengklaim semua langkah tersebut efektif mengurai pengguna transit di Stasiun Manggarai.

"Ini sangat efektif sekali dan kami memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada jasa commuter line yang mau mendengarkan arahan-arahan kami," katanya.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda