Viral Awan Tsunami di Langit Jakarta Jumat Sore, Begini Penjelasan BMKG

Muhammad Refi Sandi · Jumat, 26 November 2021 - 22:52:00 WIB
Viral Awan Tsunami di Langit Jakarta Jumat Sore, Begini Penjelasan BMKG
Viral di media sosial gulungan awan di langit DKI Jakarta berbentuk seperti tsunami pada Jumat (26/11/2021) sore. (Foto: Instagram @jktinfo)

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial gulungan awan di langit DKI Jakarta berbentuk seperti tsunami. Fenomena itu terjadi beberapa saat sebelum hujan lebat mengguyur Ibu Kota pada Jumat (26/11/2021) sore.

Kepala Sub Koordinator Prediksi Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Ida Pramuwardani menyebut fenomena tersebut jarang terjadi di Indonesia khususnya Jakarta.

"Fenomena tersebut relatif jarang terjadi, secara ilmiah awan tersebut dinamakan dengan awan Arcus. Arcus juga memiliki bagian yakni shelf cloud dan roll cloud. Fenomena di aceh merupakan shelf cloud. Shelf cloud ini biasanya berada pada dasar awan cumulunimbus," kata Ida di Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Menurut Ida awan tersebut merupakan bentuk hasil ketidakstabilan atmosfer. Selain itu, awan tersebut timbul akibat pertemuan massa udara dingin dengan hangat.

"Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer sepanjang atau di depan pertemuan massa udara dingin yang mendorong massa udara hangat dan lembab naik sehingga terbentuklah shelf cloud," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda