Waduh, Odong-odong di Cilincing Bawa Penumpang di tengah Impitan Truk-Truk Besar

Yohannes Tobing ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 12:00:00 WIB
Waduh, Odong-odong di Cilincing Bawa Penumpang di tengah Impitan Truk-Truk Besar
Odong-odong di Cilincing, Jakarta Utara (foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Kecelakaan odong-odong di Serang, Banten menuai keprihatinan. Kecelakaan menewaskan 9 orang dan puluhan lain luka-luka. 

Keberadaan odong-odong hingga kini menuai pro kontra. Pasalnya kendaraan umum tak berizin ini aspek keamanannya rendah dan membahayakan penumpang maupun pengendara lain.

Salah satu lokasi yang banyak odong-odong adalah Cilincing, Jakarta Utara. Di lokasi ini, odong-odong kerap melintas bersamaan dengan truk-truk besar. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, sedikitnya terlihat ada 20 odong-odong yang melintas di jalan. Rata-rata, pengemudi odong-odong kebanyakan pemuda tanggung.

Sementara para penumpang terdiri atas ibu-ibu hingga anak-anak. Bahkan, ada pula ibu yang membawa serta anak balitanya duduk di gerbong-gerbong tanpa jendela dalam kondisi debu-debu beterbangan.

Tanpa pengamanan ekstra seperti helm maupun sabuk pengaman, puluhan odong-odong itu kerap kali terlihat mencoba mendahului truk trailer maupun kendaraan lainnya. Tak jarang odong-odong terpantau melaju dengan kecepatan rendah, sehingga membuat laju kendaraan di belakangnya tersendat.

Jalan Raya Cilincing menjadi rute favorit para pengemudi odong-odong untuk memotong jalan supaya jarak dan waktu tempuh lebih cepat dibanding harus melewati jalanan permukiman Kalibaru.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda