Warga Tangsel Diminta Waspadai Angin Kencang dan Petir hingga Oktober Mendatang

Okezone Hambali ยท Selasa, 22 September 2020 - 01:01 WIB
Warga Tangsel Diminta Waspadai Angin Kencang dan Petir hingga Oktober Mendatang

Ilustrasi petir. (Foto: Okezone)

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Ciputat mengimbau warga Tangerang Selatan agar mewasadai angin kencang dan petir selama memasuki transisi ke musim hujan.

BMKG memperkirakan transisi ke musim hujan di Tangerang Selatan akan berlangsung hingga pertengahan Oktober 2020. Dalam jangka waktu itu wilayah Tangsel akan diguyur hujan lebat dengan intensitas sedang disertai angin kencang dan petir.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun BMKG Ciputat, Yanuar Henry Pribadi menjelaskan perubahan cuaca terjadi pada siang menjelang sore hari. Sedangkan pada pagi menjelang siang hari cuaca cerah dan terik.

"Musim hujan pada pertengahan Oktober nanti akan terjadi antara lain di wilayah Pandeglang, Lebak, kemudian bergerak ke wilayah utaranya di Serang bagian selatan, Tangerang bagian selatan, Tangerang Selatan," kata Yanuar, Senin (21/9/2020).

"Ciri-cirinya adalah akan diiringi dengan berbagai macam potensi hujan yang sangat lebat dalam waktu singkat, angin kencang dan petir. Terjadinya pada waktu siang menjelang sore hari," lanjutnya.

Yanuar menambahkan angin kencang dan petir akan berakhir saat musim hujan turun konstan pada pertengahan Oktober mendatang. Oleh karena itu, dia mengingatkan pada warga agar tidak berteduh di bawah pepohonan dan bangunan semi-permanen.

"Bila awan cumulo nimbus sudah gelap, waspadai angin kencang karena biasanya disertai petir. Hindari berteduh di bawah pohon-pohon tinggi, lebih baik berlindung di bawah bangunan permanen. Durasinya tidak lama biasanya. Masyarakat bisa mengupdate info dari kami di aplikasi android, jadi akan ada warning dari kami soal kondisi cuaca," tuturnya.

Editor : Arif Budiwinarto