Zona Merah Covid-19, Depok Belum Siapkan Fasilitas Khusus Isolasi Pasien OTG

Sindonews, R Ratna Purnama · Kamis, 29 Oktober 2020 - 06:37:00 WIB
Zona Merah Covid-19, Depok Belum Siapkan Fasilitas Khusus Isolasi Pasien OTG
Pemkot Depok belum menyiapkan fasilitas khusus untuk isolasi pasien positif covid-19 OTG. (Foto: Istimewa)

DEPOK, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beberapa waktu lalu mengumumkan Kota Depok berstatus zona merah penularan covid-19. Salah satu penyebab masih tingginya kasus covid-19 di Depok karena pasien tanpa gejala (OTG) masih melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pemkot Depok mengakui masih belum bisa menyediakan fasilitas khusus untuk isolasi mandiri pasien positif covid-19 OTG.

“Salah satunya itu (belum ada tempat isolasi). Penduduk Depok mencapai 2,4 juta sekian orang dibanding luas wilayah 200,3 km persegi, rata-rata 12.000 per km persegi. Makanya banyak terdampak itu ada beberapa kecamatan yang kepadatan penduduknya melebihi dari rata-rata misalnya 18.000 per km persegi seperti di Sukmajaya dan Pancoran Mas,” ucap Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Depok, Dedi Supandi, Rabu (28/10/2020).

Dedi mengatakan pemkot terus berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait usulan hotel bintang tiga yang masuk sebagai kandidat lokasi isolasi mandiri. Dia berharap bisa segera diperoleh kesepakatan biaya pengadaan fasilitas isolasi mandiri untuk diusulkan ke BNPB.

Dia baru akan mengumumkan lokasi mana saja yang bisa digunakan setelah ada keputusan. Selain itu, Pemkot Depok juga berkomunikasi dengan pihak swasta untuk ikut membantu penanganan covid-19.

“Mudah-mudahan ada pihak swasta dari CSR-nya yang mau menyumbangkan untuk dilakukan sewa tempat isolasi,” ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama