10 Universitas Terbaik di Asia: Singapura Nomor 1, China Mendominasi

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 30 November 2019 - 10:30 WIB
10 Universitas Terbaik di Asia: Singapura Nomor 1, China Mendominasi

National University of Singapore (NUS) menjadi kampus terbaik Asia berdasarkan QS World University Rangkings 2020 yang diterbitkan akhir November 2019. (Foto: The Strait Times).

JAKARTA, iNews.id – National University of Singapore (NUS) ditahbiskan menjadi kampus terbaik di Asia versi Quacquarelli Symonds (QS). NUS mempertahankan posisinya pada tahun lalu.

Berdasarkan QS World University Rangkings 2020, NUS dikuntit tetangganya, Nanyang Technological University Singapore, yang berada di peringkat kedua. Nanyang naik satu peringkat menggantikan University of Hong Kong (HKU) yang kali ini melorot ke posisi ketiga.

”NUS mengambil pendekatan terintegrasi dan multidisiplin untuk penelitian, bekerja dengan mitra dari industri, pemerintah dan akademisi, untuk mengatasi masalah-masalah penting dan kompleks yang relevan dengan Asia dan dunia,” bunyi pernyataan QS, dikutip Sabtu (30/11/2019).

Di 10 besar Asia tersebut, kampus China mendominasi. Di urutan 3-6 masing-masing diisi oleh Universitas Tsinghua, Peking, Zhejiang dan Fudan. Bagi Universitas Zhejiang, ini kenaikan yang mengesankan karena tahun lalu mereka berada di peringkat ke-13.

Di 10 besar ini tidak ada satu pun kampus dari Jepang. Menurut QS, ada beberapa penurunan peringkat dengan regresi relatif dalam indikator penelitian, seperti kutipan per makalah dan makalah per fakultas. Jepang diwakili Universitas Tokyo berada di peringkat 13.

Kampus Korea Selatan juga berjuang di peringkat tahun ini karena kinerja mereka dalam kolaborasi penelitian dan indikator reputasi pemberi kerja. Kendati demikian, Korsel menempatkan KAIST–Korea Advanced Institute of Science and Technology di peringkat 9.

Menariknya, kampus-kampus Malaysia juga melaporkan kinerja yang kuat dalam indikator reputasi, jaringan penelitian internasional, dan metrik internasionalisasi. Universiti Malaya (UM) melesat ke peringkat 13 atau memiliki skor sama dengan Universitas Tokyo. Tahun lalu mereka berada di peringkat 19.

”Kami memecahkan rekor sendiri dan bergerak ke atas untuk tahun kesembilan berturut-turut,” ujar Wakil rektor UM Datuk Abdul Rahim Hashim dikutip dari The Star.

Berikut 10 universitas terbaik versi QS:

  1. National University of Singapore (NUS).
  2. Nanyang Technological University (NTU).
  3. University of Hong Kong (HKU).
  4. Tsinghua University.
  5. Peking University.
  6. Zhejiang University.
  7. Fudan University.
  8. The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST).
  9. KAIST – Korea Advanced Institute of Science and Technology.
  10. The Chinese University of Hong Kong (CUHK).

Editor : Zen Teguh