11 Contoh Teks Berita Beserta Pengertian, Ciri-ciri dan Strukturnya

Shabrina Saraya ยท Minggu, 30 Oktober 2022 - 16:53:00 WIB
11 Contoh Teks Berita Beserta Pengertian, Ciri-ciri dan Strukturnya
Ilustrasi Belajar Berita (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Teks berita merupakan teks nonsastra dalam pelajaran bahasa Indonesia. Sama seperti teks nonsastra lainnya, teks ini mengandung ilmu pengetahuan dan berguna untuk menambah wawasan.

Apa yang Dimaksud Teks Berita?

Mengutip buku “Master Kisi-Kisi UN SMA/MA IPS 2019” terbitan Cmedia, teks berita adalah teks yang tujuannya untuk menginformasikan sesuatu, seperti peristiwa atau kejadian secara faktual. Teks ini juga memiliki unsur kebahasaan yakni 6W +1H (What, where, when, who, why, dan how).

Apa Saja Ciri-ciri Teks Berita?

  • - Menarik
    Dalam membaca atau menonton berita, kita pasti akan memilih berita yang menarik untuk disimak bukan? Oleh karena itu, agar teks berita diminati oleh pembaca sudah sepantasnya dibuat semenarik mungkin.
  • - Terkini (aktual)
    Tak dapat kita pungkiri bahwa berita yang selalu dicari dan dinikmati oleh pembaca merupakan berita yang hangat atau berita yang baru saja terjadi. Sehingga kita sebagai pembuat teks berita harus membuat berita yang faktual.
  • - Dapat dipercaya (faktual)
    Kejelasan sumber menjadi salah satu kunci benar atau tidaknya berita. Jika kita salah memilih sumber maka kemungkinan berita kita tidak berdasarkan fakta yang ada. Supaya berita kita faktual, sebaiknya kita memilih sumber yang terpercaya.
  • - Diterima oleh masyarakat
    Sebagai penikmat berita, masyarakat tentunya mengambil peran penting dalam peredaran berita. Jika masyarakat tidak menerima berita kita, maka tidak akan ada yang membacanya.
  • - Jelas
    Selain pada teks berita, kejelasan juga dibutuhkan pada karya nonsastra lainnya. Perlu adanya kejelasan ini tidak lain adalah untuk membantu para khalayak mengerti berita dengan baik.
  • - Kalimatnya sederhana
    Kalimat sederhana ini diperlukan oleh para pembuat teks berita agar para khalayak dapat mencerna berita dengan mudah.
  • - Segera disampaikan
    Hal ini juga berkaitan dengan aktualnya berita tersebut. Semakin lama disampaikan maka berita yang kita tulis akan basi atau sudah tidak update lagi.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda