1.187 Orang di Lingkungan TNI Terpapar Corona, Ini Sebaran di 3 Matra

Felldy Utama ยท Rabu, 15 April 2020 - 14:46 WIB
1.187 Orang di Lingkungan TNI Terpapar Corona, Ini Sebaran di 3 Matra

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Penyebaran virus corona ternyata sudah menjalar ke lingkungan tiga matra Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan jumlah 1.187 orang yang terpapar. Dalam rapat kerja (raker) virtual Komisi I DPR, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan tiga kepala staf angkatan mengungkap sebaran virus tersebut di tiga matra.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa menyampaikan sampai saat ini orang 463 dirawat karena Covid-19. Data tersebut terdiri dari 285 militer aktif dan 178 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Meninggal sudah ada empat yaitu satu TNI aktif dan tiga PNS. Dua di antaranya tenaga medis termasuk yang meninggal Sabtu malam kemarin," kata Andika, dalam paparannya, Rabu (15/4/2020).

Sedangkan, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji menyampaikan bahwa sampai saat ini ada 97 orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 32 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sementara yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 20 orang.

"Pasien meninggal sampai saat ini tim TNI AL aktif ada satu dokter, lima purnawirawan, dan anggota keluarga ada tiga orang," ujar Siwi.

Sementara, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna menyampaikan di lingkungan TNI AU ada 346 orang berstatus ODP yang terdiri dari anggota aktif beserta keluarga dan PNS. Kemudian, sebanyak 23 orang berstatus PDP dan yang terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 34 orang terdiri dari anggota aktif 25 orang, PNS satu orang, dan keluarga 8 orang.

"Dari yang positif meninggal dua orang, keduanya militer, dan dua orang sembuh," kata Yuyu.

Editor : Rizal Bomantama