14 April Bawaslu Umumkan Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 13 April 2019 - 04:19 WIB
14 April Bawaslu Umumkan Hasil Investigasi Surat Suara Tercoblos

Ilustrasi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). (SINDOphoto).

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengumumkan hasil investigasi terkait temuan surat suara tercoblos di Malaysia pada 14 April mendatang. Saat ini Bawaslu perlu memeriksa menyeluruh agar tidak memunculkan masalah baru.

Anggota Bawaslu Fritz Edward mengatakan, masih menyusun dan menyelesaikan investigasi tersebut. Masyarakat diminta bersabar dan jangan mengambil kesimpulan sendiri atas polemik temuan surat suara tercoblos.

"Kami melakukan sesegera mungkin. Pokoknya 14 (April 2019) karena tanggal 14 adalah hari pemungutan suara di Kuala Lumpur. Jadi secepat mungkin kami bisa melaporkan," ujar Fritz di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (12/4/2019).

Temuan surat suara tercoblos viral di media sosial (medsos). Dalam rekaman video yang viral itu terlihat tercoblos pada gambar capres cawapres nomor urut 01 dan gambar Partai NasDem.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Malaysia sendiri ketika mendapatkan laporan langsung mengecek ke lokasi temuan. Sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih meminta laporan lengkap dari  Kelompok Kerja (Pokja) Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN).

Editor : Kurnia Illahi