19 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Lengkap Cara Memainkannya

Chalimatu Sadiyah Aljauza · Sabtu, 03 Desember 2022 - 14:05:00 WIB
19 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Lengkap Cara Memainkannya
Alat musik tradisional Indonesia (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Alat musik tradisional Indonesia ada berbagai macam. Apalagi, kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Berikut informasi alat musik tradisional dan asalnya.

Alat musik tradisional adalah sejumlah alat yang digunakan untuk menciptakan musik yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan seperti sarana keagamaan, upacara budaya atau ritual, sarana hiburan, sarana ekspresi diri, sarana komunikasi, pengiring tarian atau bahkan menjadi sarana ekonomi.

Musik Nusantara adalah seluruh musik yang berkembang di Nusantara, yang menunjukan ciri keIndonesiaan, baik dalam bahasa maupun gaya melodinya. Sebagai generasi penerus, kita sudah seharusnya mengetahui keanekaragaman alat musik yang ada di Indonesia. 

Alat Musik Tradisional Indonesia

Beberapa alat musik tradisional Indonesia yang sering kalian dengar adalah, gamelan, angklung, gendang, namun ternyata masih banyak alat musik tradisional Indonesia yang harus kita ketahui dan dari mana asal alat musik tersebut.

Sumatera Barat

  • 1. Saluang
    Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Saluang terbuat dari bambu atau talang yang memiliki empat lubah dengan panjang kira-kira 40-60 cm dan diameter 3-4 cm. Terdapat empat macam jenis saluang, di antaranya adalah, saluang darek, saluang pauah, saluang sirompak dan saluang panjang.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda