25 Contoh Pantun Singkat Jenaka, Teka-teki hingga Agama

Kezia Veronica Corne ยท Jumat, 29 Juli 2022 - 12:23:00 WIB
25 Contoh Pantun Singkat Jenaka, Teka-teki hingga Agama
Contoh Pantun Singkat

JAKARTA, iNews.id – Contoh pantun singkat mulai dari jenaka hingga agama bisa menghibur kamu. Namun, tahukah kamu apa bedanya puisi dengan pantun? Simak informasinya di sini.

Meskipun sama-sama termasuk dalam karya sastra, namun keduanya ternyata memiliki perbedaan. Jika puisi terikat dengan rima, bait, dan baris, lain halnya dengan pantun. Berikut penjelasannya.

Pengertian Pantun

Dikutip dari buku ‘Kerongsang’ terbitan CV Jejak, anggota IKAPI, pantun merupakan sebuah kekayaan sastra Melayu. Bukan hanya sekadar karya sastra, pantun merupakan sebuah bahasa tutur yang menunjukkan suatu tata krama dan keindahan dalam berkomunikasi.

Pantun termasuk puisi lama yang terdiri dari empat baris atau rangkap, di mana dua baris pertama disebut dengan pembayang atau sampiran, dan dua baris kedua disebut dengan isi. Dalam Kamus Bahasa Melayu Nusantara, pantun adalah sejenis peribahasa yang digunakan sebagai sindiran.

25 Contoh Pantun Singkat

Saat ini kita banyak melihat pantun digunakan di berbagai acara, seperti acara adat untuk pernikahan, pembukaan acara formal dan non-formal, hingga hiburan. Agar lebih mengetahui seperti apa itu pantun, berikut 25 contoh pantun singkat berdasarkan jenisnya.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda