3 Contoh Teks Debat Singkat Lengkap dengan Unsur-unsurnya 

Ami Heppy S · Rabu, 10 Agustus 2022 - 20:44:00 WIB
3 Contoh Teks Debat Singkat Lengkap dengan Unsur-unsurnya 
Contoh Teks Debat dan Unsur-unsurnya (Foto: Elnur)

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks debat berikut ini bisa menjadi bahan referensi untuk belajar siswa. Pengertian teks debat adalah teks yang disusun berdasarkan kegiatan debat yang berlangsung. 

Sedangkan debat merupakan aktivitas yang dilakukan untuk membahas suatu hal serta mempertahankan pendapat masing-masing. Tujuan dari pelaksanaan debat adalah untuk berbicara secara meyakinkan dan juga mendengarkan pendapat-pendapat yang berbeda, dan di akhir debat dapat menghargai perbedaan tersebut.

Teks debat ditulis menggunakan bahasa baku serta menggunakan kata denotatif atau kata yang mengandung makna sebenarnya.
Selanjutnya, kamu bisa menyimak contoh teks debat berikut ini.

Contoh Teks Debat dan Unsur-unsurnya

Suatu kegiatan dapat dikatakan sebagai debat apabila memenuhi unsur-unsur debat berikut ini:

1. Adanya mosi atau topik yang merupakan pernyataan positif yang akan menentukan arah dan isi dari suatu debat.
2. Tim afirmasi, yakni tim yang mendukung mosi atau pro terhadap mosi
3. Tim oposisi, tim penentang mosi atau yang kontra terhadap mosi.
4. Tim netral/penengah (opsional), tim yang netral atau tidak berpihak kepada salah satu tim dan berperan sebagai penengah
5. Notulen (opsional), pihak yang bertugas mencatat segala hal selama debat berlangsung.

Berikut adalah contoh teks debat yang perlu diketahui:

1. Contoh teks debat tentang belajar online 

Mosi

Kegiatan belajar mengajar secara online diperpanjang

Tim afirmasi

Saya sepakat bila tahun 2022, kegiatan belajar mengajar secara online diperpanjang. Tren kasus Covid-19 di Indonesia memang menampakkan penurunan, namun beberapa hari ke belakang, varian baru Corona (Omicron) menjangkit masyarakat di luar negeri.
Selain itu, ditakutkan pada liburan akhir tahun akan terjadi lonjakan kasus. Hal ini tentu membahayakan keselamatan siswa dan tenaga pengajar. Maka, saya sepakat bila belajar online diperpanjang.

Tim oposisi

Saya tidak sepakat bila tahun 2022, kegiatan belajar mengajar online diperpanjang. Sudah empat semester, pelajar tidak mendapat pembelajaran tatap muka. Hal ini dapat berpengaruh pada perkembangan siswa.

Interaksi sosial mereka jadi kurang berkembang, terutama pada anak di tingkat pendidikan PAUD, TK, dan SD. Selain itu, tidak semua anak memiliki gadget sebagai perangkat untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, saya menginginkan kegiatan belajar mengajar tatap muka segera dilaksanakan.

2. Contoh teks debat tentang vaksin Covid-19

Mosi

Pentingnya vaksin untuk menanggulangi Covid-19.

Tim Afirmasi

Penggunaan vaksin merupakan salah satu cara yang dianjurkan pemerintah untuk dapat meminimalkan penyebaran kasus Covid-19. 

Jadi, sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi aturan pemerintah agar terhindar dari Covid-19. Hal lain yang tak kalah penting juga adalah edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin bagi kesehatan.

Tim Oposisi

Aturan pemerintah tentang penggunaan vaksin memang menjadi hal yang sangat ditunggu masyarakat untuk mengatasi problem Covid-19. 

Namun, tidak semudah itu, banyaknya jenis vaksin yang digunakan tentu menjadi tanda tanya tersendiri bagi masyarakat. Hal ini tentu wajar terjadi, mengingat tidak sedikit masyarakat yang setelah menggunakan vaksin malah jadi tidak enak badan.

3. Contoh teks debat tentang penerapan full day school

Mosi

Penerapan full day school 

Tim Afirmasi

Kami menyetujui keputusan pemerintah mengenai penerapan full day school di sekolah-sekolah. Kami beranggapan bahwa hal tersebut dinilai sebagai hal yang baik. 

Pasalnya, adanya penerapan full day school dirasa mampu membuat siswa-siswa belajar secara optimal, tentu dengan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajarannya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda