3 Faktor Penyebab Prabowo Dapat Sentimen Positif Tertinggi dalam Pencapresan 2024

riana rizkia ยท Minggu, 24 Juli 2022 - 13:07:00 WIB
3 Faktor Penyebab Prabowo Dapat Sentimen Positif Tertinggi dalam Pencapresan 2024
Prabowo Subianto (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertengger di urutan pertama sebagai calon presiden (capres) 2024 dengan sentimen positif dibanding tokoh lain. Hal tersebut berdasarkan hasil riset terbaru Lembaga Survei Jakarta (LSJ). 

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto mengatakan, Prabowo mendapatkan persentase sebesar 62,8 persen. Kemudian, diikuti Ridwan Kamil sebesar 32,2 persen, lalu Ganjar dan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) yang sama-sama mendapatkan persentase sebesar 25,1 persen.

Fetra menjelaskan, tingginya sentimen positif terhadap Prabowo disebabkan tiga hal. Pertama, munculnya Prabowo sebagai menteri dengan kinerja terbaik menurut hampir semua lembaga survei mainstream. 

Kedua, tingkat elektabilitas Prabowo yang selalu berada di posisi teratas dalam berbagai rilis lembaga riset. Ketiga, khusus dalam sepuluh hari terakhir, adanya underdog effect dari ejekan dan komentar dari segelintir tokoh nasional.

Ketiga faktor tersebut, kata Fetra, membuat publik menilai Prabowo sangat elegan dalam menanggapi komentar negatif serta ejekan yang dilayangkan untuknya. Hal ini menjadikan penyebab persentase sentimen positif Prabowo jauh di atas tokoh lain. 

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda