32 Perwira TNI AD Sembuh dari Covid-19 Donor Plasma Darah di RSPAD

Riezky Maulana · Selasa, 04 Agustus 2020 - 11:26:00 WIB
32 Perwira TNI AD Sembuh dari Covid-19 Donor Plasma Darah di RSPAD
Tangkapan layar Kasubinstal Patologi Klinik RSPAD Letkol TNI Martina Lily Yana.

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 32 perwira lulusan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang sembuh dari virus corona (Covid-19) telah mendonorkan darahnya untuk perkembangan pemanfaatan plasma konvalesen (plasma darah). Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa sebelumnya mengarahkan para perwira yang sembuh agar secara sukarela mendonorkan plasma darah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Kasubinstal Patologi Klinik RSPAD Martina Lily Yana menuturkan, para perwira tiba di RSPAD Gatot Soebroto pada Senin, 3 Agustus 2020. Saat melakukan donor plasma darah, para perwira tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta menjaga jarak.⁣

"Tentunya kami sangat terbantu atas hal ini karena stok yang dimiliki RSPAD sudah menipis,” ujarnya seperti dikutip dalam Youtube TNI AD, Selasa (4/8/2020).

Salah satu perwira yang mengikuti donor plasma darah, Letda Infanteri M Sayfuddin menuturkan, dirinya sangat termotivasi untuk melakukan tindakan baik kepada masyarakat luas. Menurut dia, seluruh pendonoran memakan waktu selama satu jam.

"Saat bapak KSAD menyampaikan bahwa kami dapat berbagi melalui donor plasma ini, kami semua sangat sukarela untuk melakukannya. Kami semua sangat termotivasi akan hal tersebut, dan berkeinginan kuat untuk berbagi pada masyarakat yang membutuhkan," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan AD, Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan pasien dinyatakan sembuh setelah melewati dua tes swab akhir dengan hasil negatif. Dengan penambahan itu, pasien positif covid-19 di klaster Secapa AD yang dinyatakan sembuh menjadi 1.120 orang.

"Jika dipersentasekan sudah ada 85,6 persen pasien positif yang sudah menjadi negatif," kata Nefra melalui keterangan tertulis yang diterima iNews.id di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Nefra mengatakan pasien positif covid-19 di klaster Secapa AD tinggal berjumlah 188 orang atau 14,4 persen.

Editor : Djibril Muhammad