39 Tahun Terbentuk, Ini Sejarah Singkat Pasukan Elite Denjaka

Riezky Maulana ยท Kamis, 04 November 2021 - 07:15:00 WIB
39 Tahun Terbentuk, Ini Sejarah Singkat Pasukan Elite Denjaka
Pasukan elite milik TNI AL, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) tepat berusia 39 Tahun pada hari ini, Kamis (4/12/2021). (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pasukan elite milik TNI AL, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) tepat berusia 39 Tahun pada hari ini, Kamis (4/12/2021). Denjaka resmi dibentuk oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) ke-10 Laksamana TNI (Purn) Mochamad Romly pada tahun 1982.

Ditelusuri dari beragam sumber, pertama kali dibentuk, nama yang tersemat bukanlah Denjaka, melainkan Pasukan Khusus AL (Pasusla). Keberadaan Pasusla dibutuhkan guna menanggulangi beragam bentuk ancaman aspek laut, seperti terorisme dan sabotase.

Seiring kebutuhan yang kian mendesak, KSAL menyurati Panglima ABRI yang isinya keinginan untuk membentuk Denjaka. Tepat pada 13 November 1984, Panglima ABRI  menyetujui pembentukan Denjaka menjadi satuan antiteror aspek laut di bawah naungan Korps Marinir.

Pada tahap pertama itulah, sebanyak 70 personel dari Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) direkrut.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda