4 Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia Lengkap

Nur Fathiyah Azizah Putri ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:42:00 WIB
4 Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia Lengkap
Teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia diyakini para ahli ada empat macamnya. Teori ini juga dipelajari dalam materi pelajaran sejarah di bangku sekolah.

Melansir buku ‘IPS TERPADU: Jilid 1B’ terbitan Esis, proses masuknya pengaruh Hindu dan Budha diperkirakan terjadi sejak abad I masehi. Menurut sebagian para ahli, bangsa Indonesia bersikap pasif dan hanya menerima saja pengaruh budaya yang datang dari India

 Menurut para ahli sejarah yang mendukung pendapat ini, pengaruh budaya Hindu dan Budha masuk ke Indonesia melalui kolonisasi secara langsung maupun tidak langsung oleh bangsa India. Kemudian, para ahli mengajukan empat teori. 

Apa Saja Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia?

Keempat teori ini dapat menjelaskan bagaimana bangsa India dapat memperkenalkan agama dan budaya Hindu kepada bangsa Indonesia. Keempat teori itu adalah teori Brahmana, Ksatria, Waisya, dan arus balik.

Dari keempat teori itu, teori Brahmana memiliki dasar penjelasan yang paling kuat. Hal itu didasarkan pada fakta–fakta bahwa kekuasaan tersebar dalam agama Hindu dipegang oleh kaum brahmana. 

Perkembangan agama Hindu dan Budha di Indonesia tidak terlepas dari sifat terbuka yang dikembangkan masyarakat Indonesia. Selain itu, penyiaran kedua agama ini juga dilakukan dengan cara damai.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda