4 Tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia, dari Kirab hingga Ritual Keagamaan

Inas Rifqia Lainufar · Senin, 16 Mei 2022 - 09:50:00 WIB
4 Tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia, dari Kirab hingga Ritual Keagamaan
4 tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – 4 tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia berikut menjadi perayaan besar bagi umat Buddha. Sebagai negara dengan pemeluk Buddha terbanyak ke-20 di dunia, sukacita datangnya Hari Waisak tentu menjadi momentum yang tidak boleh dilewatkan.

Pada hari itu, seluruh umat Buddha merayakan 3 peristiwa penting calon Buddha atau biasa disebut sebagai Trisuci Waisak. Lantas, apa saja tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia? Berikut iNews.id rangkum untuk Anda.

4 tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia

1. Perayaan Trisuci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Sebagai candi umat Buddha terbesar di Pulau Jawa, Candi Borobudur memang kerap menjadi pusat perayaan Hari Waisak setiap tahunnya. Setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi covid-19, perayaan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur kembali digelar pada 16 Mei 2022.

Berbagai rangkaian acara telah disiapkan oleh Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi). Terdapat arak-arakan dari pagi dengan membawa arca Buddha dan sesajen dari Candi Mendut ke Candi Borobudur.

Berbagai ritual keagamaan Buddha juga diselenggarakan di perayaan tersebut sambil bersuka cita merayakan Hari Waisak pada malam harinya di Candi Borobudur. Dalam rangkaian perayaan, Permabudhi biasanya juga menyelenggarakn kegiatan bakti sosial di hari sebelumnya.

2. Perayaan Trisuci Waisak di Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah

Tak hanya di Candi Borobudur, perayaan Trisuci Waisak di Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah juga dilakukan.Terdapat arak-arakan dari Candi Mendut yang nantinya akan dibawa menuju Candi Borobudur.

Dalam rangkaian acara, peserta perayaan akan mengambil Api Abadi Mrapen yang disemayamkan di Candi Mendut. Selain itu, Air Suci dari Umbul Jumprit juga diambil untuk kemudian disemayamkan di Candi Mendut sebagai salah satu ritual yang dilakukan.

Di malam hari, semua peserta perayaan Hari Waisak berdoa dan bersukacita di Candi Borobudur.

3. Kirab Agung Amisa Puja di Yogyakarta

Masih di Pulau Jawa, perayaan Hari Waisak juga dilakukan di Desa Gunung Kelir, Girimulyo, Yogyakarta. Ratusan umat Buddha di Yogyakarta melakukan Kirab Agung Amisa Puja dengan mengenakan pakaian adat Jawa.

Peserta kirab biasanya akan membawa aneka sesajen, kendi yang berisi air suci, bunga, hasil bumi, dan beragam panji menuju Vihara. Tak hanya itu, arca Buddha dalam tandu dan obor dibawa untuk semakin memeriahkan Kirab Agung Amisa Puja.

Tradisi Hari Raya Waisak di Yogyakarta ini diakhiri dengan berdoa dan bersukacita di Vihara.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda