437 Orang Jalani Swab Test Covid-19 Usai Kontak dengan Anies dan Riza Patria

Okezone ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 23:16:00 WIB
437 Orang Jalani Swab Test Covid-19 Usai Kontak dengan Anies dan Riza Patria
Tenaga kesehatan saat melakukan pengambilan sampel swab test. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

JAKARTA, iNews.id - Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta melakukan pelacakan kontak (contact tracing) di lingkungan kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sebanyak 437 orang harus menjalani tes swab setelah sebelumnya sempat menjalin kontak dengan Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

Pelacakan tersebut dilakukan setelah Gubernur Anies dan Wagub Riza Patria dinyatakan terinfeksi Covid-19. Keduanya kini tengah menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, melalui laman Pemprov DKI Jakarta mengatakan pelacakan kontak menjadi lebih cepat dilakukan setelah Anies dan Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19.

Widyastuti mengungkapkan Anies dan Ariza selama ini telah rutin melakukan tes usap PCR minimal 1-2 minggu sekali sehingga relatif bisa terdiagnosis secara dini sehingga mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

"Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta dan jajaran langsung melakukan pelacakan kontak. Hingga Selasa (1/12) kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur sehingga total pelacakan kontak kasus sejauh ini adalah 437 orang," ujarnya, Rabu (2/12/2020).

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2