5 Berita Terpopuler Hari Ini: 3 Jenderal Akan Buka-Bukaan Kasus Ferdy Sambo hingga Masjid di Kabul Diserang saat Salat

Tika Vidya Utami ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 09:35:00 WIB
5 Berita Terpopuler Hari Ini: 3 Jenderal Akan Buka-Bukaan Kasus Ferdy Sambo hingga Masjid di Kabul Diserang saat Salat
Polri akan mengumumkan perkembangan terbaru Irjen Pol Ferdy Sambo. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Tim khusus (Timsus) serta Inspektorat Khusus (Irsus) Polri akan buka-bukaan terkait perkembangan dan temuan terbaru kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Tiga jenderal akan langsung memberi keterangan terkait kasus yang didalangi mantan Irjen Ferdy Sambo

Berita terpopuler lainnya adalah Masjid di Kabul diserang saat salat berjemaah.
 
Berikut  rangkuman berita terpopuler pada Jumat (19/8/2022):

1. Tiga Jenderal Akan Buka-Bukaan Kasus Ferdy Sambo

Tim khusus (Timsus) serta Inspektorat Khusus (Irsus) Polri akan buka-bukaan terkait perkembangan dan temuan terbaru kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Tiga jenderal akan langsung memberi keterangan terkait kasus yang didalangi mantan Irjen Ferdy Sambo. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, konferensi pers akan disampaikan, Jumat (19/8/2022). Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto akan menyampaikan perkembangan timsus. Terkait hal ini, timsus fokus tindak pidana di kasus pembunuhan Brigadir J. 

Sedangkan, Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto serta Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono akan menyampaikan perkembangan inspektorat khusus. Diketahui, Polri telah menetapkan empat tersangka kasus penembakan Brigadir J. Mereka antara lain mantan Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka Ricky Rizal, serta asisten rumah tangga sekaligus supir Kuat Ma’ruf. 

Pada kasus ini, Polri telah memastikan tidak ada peristiwa tembak menembak. Faktanya adalah Bharada E disuruh menembak Brigadir J oleh Mantan Irjen Ferdy Sambo. Atas perbuatannya, para tersangka melanggar Pasal 340 subsidair Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

2. Jemaah Haji Iran Ditangkap di Arab Saudi

Seorang warga negara Iran ditangkap di Arab Saudi ketika menunaikan ibadah haji pada Juli 2022. Teheran pun menuntut Saudi agar segera membebaskan yang bersangkutan.  

Menurut Anggota Komite Keamanan Nasional serta Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Mojtaba Zolnour mengatakan, apabila Saudi tidak memperlihatkan niat baik serta membebaskan jemaah tersebut, Iran akan mengambil tindakan balasan. Beberapa media Iran melaporkan, jemaah tersebut ditangkap lantaran memegang foto Qassem Soleimani, seorang komandan Korps Garda Revolusi Islam Iran yang tewas pada serangan pesawat tidak berawak AS pada Januari 2020. 

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian juga menyinggung soal penangkapan jemaah haji asal Persia ketika mengadakan panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Oman. Tidak dijelaskan kenapa masalah tersebut menjadi pembahasan Amirabdollahian dengan rekannya dari Oman. 

Namun, Oman sudah lama menjadi mediator antara Teheran serta para pesaingnya. Iran berhaluan Syiah, sedangkan Saudi beraliran Sunni. Kedua negara terkungkung pada konflik proksi di sekitar kawan Timur Tengah.


 
3. Dejan Anntonic Curhat Kerasnya Sepak Bola Indonesia

Pelatih Barito Putera, Dejan Antonic berbagi cerita terkait pengalamannya melatih sepak bola di Indonesia. Ia menilai sepak bola Indonesia keras. Antonic telah mencicipi persaingan sepak bola Indonesia sejak 2012. 

Namun, ia mengaku tidak menemukan perkembangan yang signifikan dari sepak bola Indonesia. Tak hanya itu, Antonic merasa sepak bola Indonesia masih berada pada level yang dulu. Pelatih ini pun merasa Indonesia harus berbenah supaya tidak semakin tertinggal dengan negara lain. 

Selain itu, ia juga mengkritik sepak bola Indonesia yang sering terburu-terburu memecat pelatih yang sedang berusaha mengembangkan pemain muda. Antonic merasa semua pelatih harus diberikan kesempatan untuk dapat meningkatkan kualitas pemain muda tanpa ada tuntutan hasil terlalu tinggi. 

4. Polri Umumkan Temuan Penting Kasus Brigadir J


Pada Jumat (19/8/2022), Polri akan menyampaikan perkembangan terbaru terkait pengusutan kasus tewasnya Brigadir J. Kabarnya polisi akan mengumumkan temuan penting. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi menyampaikan, Tim Khusus (Timsus) serta Inspektorat Khusus (Irsus) akan memaparkan perkembangan terbaru. Namun tidak disebutkan apa yang akan disampaikan. 

Diketahui, Polri sudah menetapkan empat tersangka kasus penembakan Brigadir J. Mereka antara lain mantan Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka Rick Rizal, serta asisten rumah tangga sekaligus sopir Kuat Ma’ruf.

5. Masjid Diserang saat Salat Berjemaah, 3 Tewas

Ledakan besar terjadi di masjid yang mengakibatkan imam serta dua makmum yang sedang melaksanakan salat Maghrib tewas. Sementara puluhan orang terluka. Peristiwa tersebut terjadi di sebuah masjid di ibu kota Afghanistan, Kabul. 

Menurut LSM Darurat, ledakan diperkirakan terjadi ketika salat Maghrib yang menewaskan sedikitnya tiga orang serta melukai puluhan orang lainnya. Dikutip media lokal, Khalid Zadran, juru bicara polisi Kabul Taliban, mengatakan telah terjadi ledakan di barat laut kota itu. Juru bicara itu menambahkan pasukan keamanan telah tiba di tempat kejadian, di lingkungan utara Kabul. 

LSM Darurat Italia yang beroperasi di Kabul mengatakan tiga kematian telah dicatat sejauh ini. Sementara itu, seorang pejabat intelijen Taliban mengatakan kepada kantor berita Reuters, sebanyak 35 orang mungkin terluka atau terbunuh. Seorang saksi mata mendengar ledakan kuat yang menghancurkan jendela di gedung-gedung di dekatnya. Seorang juru bicara Taliban mengatakan pihaknya mengutuk keras serangan itu.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda