5 Berita Terpopuler Hari Ini: Rafael Terdepak dari Seleksi Bintara Polri, Greysia Polii Kesakitan

Amira Karin Khairana · Jumat, 30 Juli 2021 - 18:30:00 WIB
5 Berita Terpopuler Hari Ini: Rafael Terdepak dari Seleksi Bintara Polri, Greysia Polii Kesakitan
Rafael Malalangi, calon siswa Bintara Polri 2021 asal Minahasa Selatan yang kisahnya viral di medsos. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Nama Rafael Malalangi viral di media sosial. Namanya jadi perbincangan setelah orangtuanya mengungkap kejadian dalam seleksi calon Bintara Polri 2021 di Polres Minahasa Selatan.

Nama Rafael mendadak hilang dari daftar peserta seleksi yang dinyatakan lulus. Padahal dia sebelumnya termasuk lolos seleksi. Polda Sulawesi Utara pun merespons peristiwa ini.

Penjelasan Polda menjadi berita terpopuler portal berita iNews.id, Jumat (30/2021). 

Dari ajang Olimpiade Tokyo 2020, pebulutangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii dipapah keluar lapangan usai bertanding. Kejadian ini juga masuk dalam daftar berita terbanyak dibaca pembaca.

Berikut ringkasan 5 berita terpopuler hari ini:

1. Respons Polda Sulut soal Hilangnya Nama Rafael

Polda Sulawesi Utara merespons video viral keluarga calon Bintara Polri 2021 asal Minahasa Selatan yang meminta keadilan. Anak mereka Rafael Malalangi yang sempat diumumkan lulus sebagai calon siswa (casis) tiba-tiba hilang dan digantikan orang lain.

Polda Sulut saat konferensi pers terkait viral nama casis Bintara Polri hilang dan digantikan orang lain, Jumat (30/7/2021). (Foto: iNews/Arther Loupatty)

Karo SDM Polda Sulut Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo mengatakan, peristiwa ini terjadi karena ada kesalahan dalam input data oleh operator. Pada saat diumumkan yang bersangkutan lulus ranking 22 dari total 22 kuota yang tersedia atau peringkat terakhir. 

"Memang itu kesalahan operator saat menginput data, operator dari tim jasmani," ujar Octo, Kamis (29/7/2021).

2. Viral Nama Calon Bintara Polri Hilang, DPR Surati Kapolri

Kasus Rafael Malalangi, calon Bintara Polri 2021 asal Minahasa Selatan yang nama kelulusannya mendadak hilang dan digantikan orang lain itu menjadi sorotan anggota DPR daerah pemilihan Sulawesi Utara, Hillary Brigitta Lasut. 

Brigitta pun mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Dia mempertanyakan kelanjutan nasib dari Rafael yang seolah ‘dipermainkan’ oleh institusi polri.

3. Momen Yuki Fukushima Nangis usai Tersingkir dari Olimpiade 

Kalah dari wakil China Chen Qingchen/Jia Yifan di perempat final bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020, ganda putri nomor 1 dunia asal Jepang Yuki Fukushima/ Sayaka Hirota tiba-tiba menangis. Momen pilu Fukushima yang tertangkap kamera membuat netizen di media sosial ikut bersedih, serta memberikan dukungan dan simpati. 

Kejutan kembali terjadi di Olimpiade Tokyo 2020. Ganda putri nomor satu dunia, asal Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota harus tersingkir dari Olimpiade 2020. (foto: REUTERS)

Fukushima/Hirota yang bertanding di Musashino Forest Sport Plaza pada Kamis (29/7/2021), kalah dengan poin 21-18, 10-21, dan 10-21. 

4. Fakta-Fakta Nama Rafael Hilang dari Seleksi Bintara 

Karo SDM Polda Sulut Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo menyebut Rafael lulus di ranking 22 dari total 22 kuota yang tersedia atau di peringkat terakhir. Namun adanya perbedaan antara nilai yang terpampang di live chat dengan data operator menjadikan dia tergusur. 

Octo menyebut kesalahan bermula ketika ada seorang casis lain yang datang mengajukan komplain, lantaran nilainya tidak sesuai dengan hasil yang diperoleh. Polda Sulut kemudian memanggil kedua casis beserta orang tuanya untuk menyaksikan data nilai yang diperoleh. 

Setelah rangking dinilai ulang, casis yang mengadukan komplain masuk dalam gelombang kuota, dan secara otomatis casis yang sebelumnya berada pada rangking terakhir menjadi tidak masuk. Polda Sulut mengonfirmasi bahwa ini secara murni menjadi kesalahan operator pada saat menginput data. 

5. Greysi Polii Dipapah Keluar Lapangan

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil melaju ke empat besar setelah tampil habis-habisan di laga perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Mereka bermain ngotot hingga akhirnya menang rubber game 21-15, 20-22, 21-17 atas pasangan China Du Yue/Li Yin Hui di Musashino Forest Sport Plaza, Kamis (29/7/2021).

Ganda putri Indonesia Greysia Polii dipapah keluar lapangan usai tembus semifinal Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

Namun, sesaat mereka melakukan selebrasi kemenangan, terlihat Greysia Polii kesakitan. Ternyata, berdasarkan keterangan sang pelatih Eng Hian, Greys mengalami kram pada otot paha.

Editor : Zen Teguh

Bagikan Artikel: