5 Contoh Pidato Perpisahan yang Singkat, Bisa Jadi Inspirasi bagi Pelajar, Guru, dan Karyawan Perusahaan

Inas Rifqia Lainufar · Minggu, 11 September 2022 - 16:01:00 WIB
5 Contoh Pidato Perpisahan yang Singkat, Bisa Jadi Inspirasi bagi Pelajar, Guru, dan Karyawan Perusahaan
contoh pidato perpisahan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Inilah 5 contoh pidato perpisahan yang bisa dijadikan inspirasi oleh pembaca. Teks pidato ini dibuat dengan begitu singkat, sehingga bisa dihafalkan dengan cepat oleh para pelajar, karyawan, maupun guru. 

Sesuai dengan tema, pidato perpisahan berikut berisikan tentang permintaan maaf dan ucapan terima kasih untuk segala hal yang terjadi sebelum berpisah. Tak lupa harapan dan doa untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan juga diucapkan.

Adapun 5 contoh pidato perpisahan dalam berbagai tema adalah sebagai berikut.

5 contoh pidato perpisahan 

1.Contoh pidato perpisahan siswa SD

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas nikmat kesehatan sehingga kita dapat berkumpul saat ini untuk mengadakan acara kelulusan sekaligus perpisahan. Tanpa kesehatan yang Allah berikan, kita tidak akan dapat menghadiri acara ini. Tanpa rida Allah, kita tidak akan bisa lulus ke jenjang selanjutnya.

Terima kasih kepada Bapak/Ibu pembawa acara, telah memberikan kesempatan pada saya untuk menyampaikan beberapa hal dalam acara perpisahan ini.

Yang saya hormati, cintai, sekaligus saya banggakan, Bapak/Ibu Kepala Sekolah, guru, dan staf sekolah.

Yang saya hormati bapak dan ibu wali murid. Yang saya hormati seluruh tamu undangan. Dan teman-teman serta adik-adik yang saya cintai dan akan saya rindukan.

Kalau diingat-ingat perjalanan enam tahun kita, rasanya sedih, senang, rindu, sesak jadi satu. Kita dari kecil sampai masuk remaja bersama. Belajar bersama. Bermain bersama. Kadang juga bertengkar bersama. Saya tidak akan bisa melupakan kenangan enam tahun di sekolah ini.

Hari ini, saya seharusnya senang karena akan naik tingkat menuju SMP. Harusnya saya gembira karena akan bertemu dengan lingkungan baru. Tapi entah kenapa, hati saya seperti merasa kehilangan.

Saya akan kehilangan guru-guru di sekolah ini. Bapak dan Ibu guru di sekolah ini akan saya tinggalkan. Tidak akan pernah bisa saya lupakan bagaimana Bapak dan Ibu guru membimbing saya dan teman-teman dengan sabar dan telaten. Meskipun kami seringkali membuat jengkel Bapak dan Ibu guru, meskipun kami sering nakal tapi beliau semua tetap membimbing kami dengan kasih sayang.

Atas segala kenakalan kami, sikap dan tutur kata kami yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu guru semua, saya dan teman-teman minta maaf. Dan terima kasih banyak atas semua bimbingan yang Bapak dan Ibu guru berikan kepada kami.

Tidak ada kado yang bisa membalas semua kebaikan dan jasa Bapak dan Ibu guru semua. Yang bisa kami persembahkan hanyalah sedikit kenang-kenangan kecil, ucapan terima kasih, dan doa. Kami akan berdoa agar jasa dan pengabdian yang Bapak dan Ibu guru lakukan dapat menjadi manfaat buta kami dan Bapak Ibu guru sendiri. Semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan semuanya dengan kebaikan, melancarkan rezeki, memberikan kesehatan, memberikan kesabaran dalam mendidik, dan dimudahkan meraih impian-impian.

Dan untuk teman-temanku, kebersamaan kita selama enam tahun ini sangat membekas. Kita kenal sejak kecil, belajar bersama, kadang bertengkar, dan bermain bersama selama itu. Semua itu akan aku ingat dan aku rindukan.

Terima kasih sudah menjadi teman yang baik. Terima kasih sudah bersama. Aku minta maaf pada kalian semua atas kesalahanku. Semoga kita nanti bisa sering-sering reuni meski sudah terpencar di SMP yang berbeda.

Untuk adik-adik kelasku, tidak lama lagi kalian akan berada di posisiku. Kalian juga akan lulus lalu meninggalkan sekolah ini. Seriuslah dalam belajar. Bermainlah secukupnya, jangan berlebihan. Patuhi orang tua dan guru. Dan jangan lupa selalu menjalankan ibadah kepada Tuhan.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dari saya, mohon maaf atas semuanya. Sekian dari. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

2.Contoh pidato perpisahan karyawan perusahaan

Selamat sore Bapak/Ibu pimpinan

Selamat sore rekan-rekan semua.

Kalau saya menengok kembali ke belakang, tepatnya lima tahun yang lalu, rasanya berat untuk meninggalkan kantor ini. Di dalam kantor ini, saya banyak belajar tentang kehidupan. Bersama kalian, saya memiliki banyak kenangan yang pantas untuk dikenang.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Sebagaimana yang rekan-rekan tahu, hari ini adalah hari terakhir saya berkarya di kantor ini. Mulai besok, saya tidak akan datang ke kantor ini lagi sebagai tim di sini. Saya telah mengajukan pengunduran diri.

Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang hebat selama lima tahun ini. Terima kasih atas sikap profesional selama ini. Saya mohon maaf atas semua kesalahan dan kekurangan saya selama berada di dalam tim ini.

Jika kita bertemu di tempat lain, saya harap kita tak lupa untuk saling bertegur sapa. Di tempat inilah kita memulai persahabatan yang harapkan tidak akan terputus meski kita sudah tidak lagi berada di tempat yang sama.

Untuk rekan-rekan semua, saya harap Anda semua dapat meraih kesuksesan. Semoga perusahaan ini semakin jaya dan semakin maju. Dengan begitu, saya dapat cerita kepada keluarga saya bahwa saya pernah bekerja dengan tim terbaik. Semoga perusahaan ini semakin dicintai oleh para anggotanya.

Baik, rekan-rekan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas semuanya. Mohon maaf atas semuanya.

Terima kasih.


3.Contoh pidato perpisahan siswa SMP

Assalamualaikum wr. wb.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat yang diberikanNya kepada kita, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul untuk mengikuti acara pelepasan serta perpisahan siswa kelas 9 SMP Tanah Air.

Tak lupa pula salawat dan salam juga kita sampaikan pada Rasulullah SAW, semoga syafaatnya akan mengalir pada kita di hari akhir.

Bapak Kepala dan Bapak Ibu Guru SMP Tanah Air, serta para hadirin yang berbahagia, perkenankanlah saya mewakili teman-teman murid kelas 9 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata pada kesempatan ini.

Tidak terasa, waktu sangat cepat berlalu. Kemarin rasanya saya baru pertama masuk di kelas 7, berebut kursi duduk bersama teman-teman, bercanda, tertawa, berkenalan dengan Bapak dan Ibu Guru yang tidak pernah lelah mendidik dan mengajar kami.

Kedatangan kami yang membuat Bapak dan Ibu Guru berpikir keras bagaimana cara membuat kami mandiri pun tidak akan kami lupakan. Masih teringat jelas bagaimana murid-murid di SMP Tanah Air datang dengan diantar orang tua.

Saya menyadari bahwa ketegasan Bapak dan Ibu Guru tidak lain dan tidak bukan untuk mengajarkan kami kemandirian dan membuat kami benar-benar belajar di sekolah. Mulanya, kami yang tidak bisa membaca dan belum lancar menulis diajarkan dengan sabar oleh Bapak dan Ibu Guru, sehingga kami pun bisa belajar dengan lancar.

Bahkan, beberapa dari kami mendapatkan nilai sempurna di Ujian Nasional. Oleh karena itu, izinkanlah saya mewakili teman-teman untuk mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Bapak dan Ibu Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Saya dan teman-teman juga memohon maaf apabila dalam menempuh studi di SMP Tanah Air banyak melakukan kesalahan, bahkan tidak jarang menyakiti hati Bapak dan Ibu Guru. Untuk teman-teman yang sudah lulus, mari kita berjuang melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Atas atau sederajat demi menggapai mimpi masing-masing.

Akhir kata, saya memohon doa restu kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta saudara semua agar setelah meninggalkan sekolah ini, kami tetap bisa membawa nama baik sekolah. 

Sekian yang dapat saya sampaikan. 

Wassalamualaikum wr. Wb.

4.Contoh pidato perpisahan siswa SMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SMA Kota Jaya. Yang saya hormati Bapak/Ibu guru SMA Kota Jaya. Yang saya hormati wali murid siswa kelas 12 SMA Kota Jaya, serta teman-teman murid SMA Kota Jaya yang saya sayangi serta saya banggakan

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Swt atas limpahan nikmatNya, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul dalam acara pelepasan serta perpisahan siswa kelas 12 SMA Kota Jaya. Tak lupa pula shalawat dan salam juga kita sampaikan pada Nabi Muhammad SAW, semoga syafaatnya akan mengalir pada kita di hari akhir.

Bapak Kepala dan Bapak Ibu guru SMA Kota Jaya serta para hadirin yang berbahagia, perkenankanlah saya mewakili teman-teman kelas 12 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata pada acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas 12 SMA Kota Jaya.

Tidak terasa, waktu berlalu begitu cepat. Kemarin rasanya saya baru pertama menjalani masa orientasi sebagai murid baru serta berkenalan dengan keluarga besar SMA Kota Jaya. Kami dengan latar belakang Sekolah Menengah Pertama (SMP) berbeda-beda berkumpul di SMA favorit ini, kemudian mendapatkan bimbingan dari Bapak dan Ibu guru.

Kami sadar, kenakalan kami di masa SMP yang masih terbawa seringkali membuat Bapak dan Ibu guru kesal dan marah. Tapi kami yakin, nasihat yang diberikan Bapak dan Ibu untuk kami memang untuk kebaikan kami juga. Oleh karena itu, saya mewakili teman-teman juga memohon maaf apabila dalam menempuh studi selama 3 tahun banyak membuat kesalahan.

Terima kasih banyak untuk Bapak dan Ibu guru atas perjuangannya dalam mengajarkan kami tata krama, kesopanan, dan ilmu kehidupan lainnya selain mengajarkan mata pelajaran.

Untuk teman-teman yang sudah lulus, mari kita berjuang melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi yang sudah teman-teman inginkan untuk menggapai mimpi masing-masing.

Akhir kata, saya memohon doa restu kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru, serta saudara semua agar setelah meninggalkan sekolah ini, kami tetap bisa membawa nama baik SMA Kota Jaya. Mohon maaf apabila dalam menyampaikan pidato ini ada salah kata.

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda