5 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui, Apa Saja?

Ami Heppy S ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 22:24:00 WIB
5 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui, Apa Saja?
Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui. Matahari (Foto:Viorika/Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Inilah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang perlu diketahui siswa. Sumber daya alam merupakan sumber daya alam yang terkandung dalam bumi yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia.

Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang tidak akan habis meski digunakan berkali-kali.
contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah matahari, air, udara, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

1. Matahari

Matahari termasuk salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Matahari memiliki energi yang bisa digunakan berkali-kali dengan batas tak terhingga.

Sinar matahari juga memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup, seperti sumber penerangan alam semesta hingga sebagai pembangkit listrik tenaga surya.

2. Air

Air merupakan senyawa penting bagi kehidupan. Sumber daya alam yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti minum, memasak, mencuci, irigasi. Bahkan, air juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, rekreasi, hingga pembangkit listrik.

3. Tanah

Tanah merupakan lapisan kulit bumi yang terbentuk dari pelapukan batuan bahan organik.Tanah juga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena jumlahnya banyak dan tidak akan habis.

Tanah sendiri bermanfaat sebagai penyedia unsur hara bagi tumbuhan, sebagai habitat hidup, dan lain sebagainya.

4. Mikroba

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui selanjutnya adalah mikroba. Mikroba berperan sebagai pengurai (dekomposer) dalam ekosistem. Selain itu, mikroba juga bisa menjadi bahan pangan, obat-obatan, hingga membasmi hama.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda