12 Contoh Teks Diskusi Kelas 9, Lengkap dengan Strukturnya
Isu
Guru-guru mengeluh karena banyak siswanya yang sering bolos mata pelajaran. Alhasil, nilai siswa-siswa tersebut anjlok dan terancam tidak naik kelas. Wali kelas pun sudah mencoba mencari tahu apa penyebabnya serta menasehati mereka.
Beberapa hari setelahnya, siswa-siswa yang bolos mulai mengikuti pelajaran dan tidak lagi membolos. Namun, mereka kembali membolos lagi hingga akhirnya tidak naik kelas karena nilainya yang buruk.
Argumen Pendukung
Langkah yang diambil wali kelas untuk mencari tahu penyebab serta menasehati siswa-siswa tersebut sudah benar. Mereka biasanya membutuhkan perhatian agat tidak merasa diabaikan.
Maka dari itu mereka tidak membolos lagi ketika sudah dinasehati. Namun sayangnya, hal tersebut terulang kembali. Mereka pun harus menanggung konsekuasi atas perbuatannya.
Argumen Penentang
Kebiasaan membolos ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya pergaulan bebas. Wali kelas serta guru-guru sebaiknya memeriksa siswa lain yang sering bersama anak yang bolos.
Mereka juga dapat memberitahukan hal tersebut kepada orang tua siswa yang bersangkutan. Kalau hal tersebut terjadi berulang kali, sebaiknya diberi hukuman sebagai efek jera, bukan langsung membiarkannya tidak naik kelas.
Simpulan
Kebiasan membolos ini merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja. Siswa-siswa yang suka membolos biasanya lebih tertarik melakukan berbagai hal menyenangkan dibanding belajar di sekolah.
Oleh karena itu, orang tua maupun guru harus ketat mengawasi mereka.
Pendahuluan
Sampah menjadi salah satu masalah yang sangat meresahkan karena memberikan banyak dampak buruk terhadap lingkungan. Hal ini pun tak lepas dari permasalahan penanggulangan sampah yang kurang tepat. Sebenarnya, pemecahan masalah mengenai sampah pun sudah jadi perdebatan sejak dulu.
Isi atau Rangkaian Argumen
Sebagian orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu, sampah seharusnya dimusnahkan dengan cara dibakar.
Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut tidak menjadi sebuah solusi, tetapi justru mendatangkan bencana baru. Sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara dan bisa merusak lapisan ozon.
Orang yang mencintai lingkungan tentunya lebih memilih penyelesaian yang lebih ramah lingkungan, seperti dekomposisi dan daur ulang sampah. Contohnya adalah dengan menjadikan daun kering, batang pohon, dan sampah sejenisnya sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik didaur ulang.
Kesimpulan --
Pada dasarnya, sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat dan ampuh untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.
Pendahuluan
Gawai (gadget) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan berkomunikasi. Tidak hanya komunikasi saja, tetapi smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun.
Isi atau Rangkaian Argumen
Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapanpun dan dimanapun.
Selain itu, adanya HP atau smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Sementara itu, pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa belum saatnya anak-anak diberi teknologi yang canggih ini.
Kesimpulan
Pemberian HP untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.
Isu
Corona adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus Covid-19 yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Virus ini dapat menyebabkan korbannya menderita gangguan pernapasan dengan risiko terburuk meninggal dunia. Virus ini pun sangat mudah menular.
Argumen Mendukung
Contoh bahaya yang disebabkan oleh Covid-19 ini sangat banyak dan sudah terbukti, seperti gejala-gejala berikut ini:
- Menyebabkan tenggorokan terasa kering
- Gangguan pernafasan hingga mengalami sesak
- Gangguan fungsi paru-paru
- Anosmia atau kehilangan indra penciuman
- Dan gejala lainnya
Argumen Menentang
Virus Covid-19 tidak bisa menyerang apabila kita betul-betul menjaga pola hidup kita dengan benar, seperti menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan.
Kesimpulan
Jika sudah mengetahui betapa bahayanya Covid-19, sebaiknya kita melakukan pencegahan dengan baik serta melaksanakan pola hidup sehat dan bersih. Tak lupa, patuhi juga protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.
Demikian ulasan mengenai contoh teks diskusi kelas 9. Semoga bermanfaat!
Editor: Komaruddin Bagja