5 Contoh Teks Iklan, Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Ciri-cirinya
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri teks iklan adalah sebagai berikut.
Bagian pertama dari susunan teks iklan adalah judul, yang bertujuan untuk menarik perhatian calon pembaca yang menjadi target pasar. Dengan demikian, calon pembaca akan tertarik untuk membaca seluruh iklan.
Namun dalam praktiknya, saat ini penggunaan judul dalam iklan sudah jarang karena umumnya teks iklan akan langsung mencantumkan nama produk atau layanan.
Bagian selanjutnya dari teks iklan adalah deskripsi yang merupakan isi utama dari iklan. Bagian deskripsi ini berisi informasi tentang produk atau layanan beserta penawarannya yang dilengkapi dengan keunggulannya.
Kalimat dalam teks iklan bersifat persuasif, yang berarti berisi ajakan atau upaya membujuk agar konsumen membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Iklan yang efektif biasanya menggunakan kalimat persuasif dengan pemilihan kata yang unik dan kreatif sebagai slogan.