5 Peristiwa Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Ramadhan, Apa Saja?

Antik Dalu Shinta ยท Senin, 11 April 2022 - 10:53:00 WIB
5 Peristiwa Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Ramadhan, Apa Saja?
peristiwa sejarah islam yang terjadi di bulan ramadhan

JAKARTA, iNews.id - Terdapat peristiwa sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadhan, seperti Perang Badar, Nuzulul Quran, malam Lailatul Qadar, wafatnya Sayyidah Khadijah Fatimah istri Nabi Muhammad SAW dan penaklukan Kota Mekkah. 

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh dengan ampunan dan penghapus dosa. Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim bersabda

“Barang siapa yang puasa di bulan Ramadhan dan mengharap pahala Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

Peristiwa Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Ramadhan

  • Perang Badar

Peristiwa sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadhan pertama adalah perang Badar. Perang ini terjadi pada hari Jumat 17 Ramadhan tahun 2 Hijriah.

Perang badar ini berlokasi di lembah Badar dan merupakan perang pertama kali yang dilakukan kaum Muslim melawan kafir Quraisy. Penyebab perang badar adalah umat Islam diusir dari Mekkah hingga ditindas oleh kaum Kafir Quraisy.

Dalam peristiwa itu, kaum Muslim hanya berjumlah sekitar 300 orang dan melawan 1000 orang kaum Quraisy, kaum Muslim meninggal 14 orang dan kaum Quraisy meninggal 70 orang. Berkat izin Allah SWT, kaum Muslim memperoleh kemenangan.

  • Diturunkannya Al-Quran

Sejarah bulan Ramadhan juga menjadi waktu diturunkannya Al Quran pada 17 Ramadhan. Peristiwa ini ditandai dengan Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kali surah Al Alaq 1 sampai 5.

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah meriwayatkan dari Watsilah bin Al Aqsa, Rasulullah SAW bersabda “Shuhuf Ibrahim diturunkan awal bulan Ramadhan, Taurat diturunkan malam 6 Ramadhan, Injil diturunkan malam 13 Ramadhan, Zabur diturunkan malam 18 Ramadhan dan Al Quran diturunkan 24 Ramadhan.

Nuzulul Quran diartikan sebagai malam turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril dalam jangka waktu sekitar 23 tahun. Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur dari Baitul Izzah di langit dunia langsung kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril

Peristiwa sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadhan ini menjadi pengingat bahwa Al Quran merupakan petunjuk seluruh umat manusia dan dijaga kemurniannya oleh Allah hingga hari kiamat. 

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda