5 Suku Pedalaman Indonesia yang Tolak Modernisasi, Ada Apa Saja?

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Kamis, 24 Maret 2022 - 15:56:00 WIB
5 Suku Pedalaman Indonesia yang Tolak Modernisasi, Ada Apa Saja?
Ilustrasi suku baduy

JAKARTA, iNews.id - Indonesia terdiri atas berbagai suku. Uniknya, ada suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi. Apa saja itu? Simak di sini informasinya.

Suku pedalaman  Indonesia yang tolak modernisasi ada lima jumlahnya. Mereka memiliki alasan tersendiri untuk tetap dapat bertahan pada tradisi asli nenek moyang. Berikut ini tiga suku pedalaman tersebut:

Suku Pedalaman Indonesia yang Tolak Modernisasi

  • 1. Suku Punan

Suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi pertama adalah  Suku Punan. Suku ini termasuk dalam suku rumpun Dayak yang berada di Kalimantan Barat, Kalimantan tengah maupun Kalimantan Timur.

Kehidupan mereka berpindah-pindah tergantung siklus hewan dan juga tumbuhan yang ada di sekitarnya. Sehari-hari, mereka memakan umbi-umbian serta hewan-hewan hasil berburu.

Sementara apabila ada yang terserang penyakit, mereka akan menggunakan tanaman herbal sebagai obatnya. Namun jika tidak sembuh-sembuh, maka orang yang sakit tersebut akan diasingkan dari komunitas mereka. Karena dianggap membawa malapetaka.

  • 2. Suku Baduy

Suku Baduy cukup dikenal sebagai komunitas masyarakat yang masih mempertahankan adat leluhur hingga saat ini. Suku Baduy terdiri dari dua, yakni suku Baduy luar dan dalam.

Suku Baduy luar, mereka masih diperbolehkan menggunakan teknologi kekinian. Namun jika kamu hendak ke Baduy Dalam, mereka akan meminta kamu untuk tidak membawa alat-alat  terkini seperti kamera dan handphone.

Menariknya lagi, sebagai suku pedalaman Indonesia yang tolak modernisasi, mereka sehari-hari bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda