6 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Terbaru Beserta Pengertian dan Kriterianya
Tujuan Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat atau sering disebut juga sebagai iklan nonkomersial karena fungsinya sebagai sumber pemasaran isu-isu sosial. Walaupun begitu, iklan tetap memakai teknik komunikasi pemasaran dengan biaya yang hampir sebesar yang disediakan oleh perusahaan komersial.
Seperti yang sudah diketahui dari pengertiannya, iklan ini bertujuan untuk mempersuasi penonton dan mendidik dengan tujuan akhirnya bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial yang dimaksud adalah munculnya penambahan pengetahuan, kesadaran sikap, dan perubahan perilaku terhadap masalah yang diiklankan serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat.
Apa Saja Ciri-ciri Iklan Layanan Masyarakat?
Di Amerika Serikat melalui Ad Council, suatu badan periklanan di sana menyebutkan kampanye iklan layanan masyarakat memiliki kriteria sebagai berikut ini.
Iklan layanan masyarakat sering disampaikan dalam bentuk visual dan video, namun ternyata tak jarang iklan layanan masyarakat juga ditampilkan dengan menggunakan teks. Adapun contoh iklan layanan masyarakat berdasarkan tujuan dan klasifikasi topiknya adalah sebagai berikut ini.
Contoh Iklan Layanan Masyarakat tentang Rokok