6 Hewan Langka Asli Indonesia Terancam Punah, Ada Komodo hingga Orangutan

septi kurnia ยท Rabu, 18 Mei 2022 - 14:19:00 WIB
6 Hewan Langka Asli Indonesia Terancam Punah, Ada Komodo hingga Orangutan
Hewan Asli Indonesia Terancam Punah Komodo. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Ternyata ada hewan langka asli Indonesia terancam punah. Berikut enam daftarnya untuk diketahui, mulai dari komodo hingga orangutan.

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan flora dan fauna. Pada akhir tahun 2021, para peneliti dari Pusat Riset Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menemukan 88 penemuan spesies baru di Indonesia.

Spesies baru yang ditemukan itu meliputi 75 spesies fauna dan 13 spesies flora. Di tengah keragaman flora dan fauna tersebut, beberapa spesies hewan langka asli Indonesia menghadapi ancaman kepunahan karena faktor alami maupun akibat ulah manusia.

Hewan Langka Asli Indonesia Terancam Punah

  • 1. Burung Cendrawasih

Hewan langka asli Indonesia terancam punah pertama adalah burung cendrawasih. Hewan yang memiliki nama lain Paradisaeidae dari ordo Passeriformes ini dapat dijumpai di Indonesia bagian timur, tepatnya di Papua.

Saat ini, Papua memiliki 39 jenis spesies burung cendrawasih.Namun, populasi cenderawasih di Papua terancam punah karena berbagai ulah manusia, seperti perburuan liar dan aktivitas pembangunan tidak ramah lingkungan.

Pemerintah dan lembaga terkait berupaya melindungi hewan langka asli Indonesia, salah satunya dengan kampanye Defending Paradise oleh Yayasan EcoNusa dan The Cornell Lab of Ornithology. Selain itu, pemerintah setempat juga mengeluarkan Perdasus Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pembangunan Berkelanjutan dengan melindungi 70 persen kawasan tutupan hutan.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda